Gerhana Bulan

Gerhana Bulan Total atau Blood Moon Dapat Disaksikan di 5 Daerah Ini pada Sabtu 28 Juli 2018

Indonesia akan menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total atau Blood Moon pada 28 Juli 2018. Berikut 5 daerah yang akan saksikan seluruh fasenya

Gerhana Bulan Total atau Blood Moon Dapat Disaksikan di 5 Daerah Ini pada Sabtu 28 Juli 2018
pixabay
Ilustrasi 

SURYA.co.id - Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masyarakat Indonesia kembali akan menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total atau Blood Moon pada 28 Juli 2018 mendatang.

Dilansir dari Tribun Manado dalam artikel berjudul "Fenomena Gerhana Bulan Terlama 28 Juli 2018, Saksikan di 5 Daerah Ini", durasi gerhana bulan total itu akan berlangsung mulai pukul 00.13 WIB hingga 06.30 WIB.

Pada Tabel di bawah ditampilkan waktu yang berkesesuaian dengan fase-fase Gerhana Bulan total atau Blood Moon 28 Juli 2018 mendatang.

Fase Gerhana Bulan
Fase Gerhana Bulan (BMKG)

Dari tabel di atas, dapat diketahui juga bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana mulai (P1) ke Gerhana berakhir (P4) adalah 6 jam 17,3 menit.

Adapun durasi dari fase Gerhana Sebagian mulai (U1) hingga Gerhana Sebagian berakhir (U4) berlangsung selama 3 jam 55,2 menit.

Sementara itu durasi totalitas, yaitu dari fase Gerhana Total mulai (U2) hingga Gerhana Total berakhir (U3), berlangsung selama 1 jam 43,6 menit.

Semakin ke arah Barat, pengamat akan memiliki kesempatan untuk mengamati keseluruhan fase-fase pada Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018.

Seluruh fase gerhana akan teramati di lima daerah di Indonesia di antaranya Bengkulu bagian Utara, Riau bagian Barat, sebagian besar Sumatera Barat dan Sumatera Utara, serta Aceh.

Gerhana bulan total itu nantinya, akan menjadi gerhana bulan terlama yang pernah terjadi sepanjang abad 21

"Yang mengontrol durasi gerhana bulan adalah posisi bulan saat melewati bayangan Bumi," kata Petro kepada Space.com.

Halaman
123
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved