Citizen Reporter

Peluang untuk Dana Minim: Bisnis Teh Sekar Laru

Ditambah dengan manfaat sebagai penyembuh radang tenggorokan minuman itu memiliki peluang menjadi bisnis potensial.

Peluang untuk Dana Minim: Bisnis Teh Sekar Laru
pixabay.com

Teh merupakan minuman khas yang cocok di segala musim dan digemari segala usia. Meskipun perkembangan zaman menuntut munculnya berbagai jenis minuman baru dengan rasa yang beragam, tetapi pesona teh masih menjadi primadona di kalangan masyarakat pada umumnya.

Itu yang membuat Khalista Gumay Citra (19) menekuni bisnis Teh Sekar Laru (Teh Seru). Bahannya dibuat dari olahan daun tumbuhan sekar laru. Tumbuhan itu di Jawa dikenal dengan nama jarong atau lebih akrab disebut tumbuhan pecut kuda.

Kelebihan Teh Seru adalah karena memanfaatkan potensi alam dan mengolahnya secara alami tanpa tambahan pewarna sehingga diperoleh aroma dan rasa yang khas. Ditambah dengan manfaat sebagai penyembuh radang tenggorokan minuman itu memiliki peluang menjadi bisnis potensial.

“Teh Seru memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Harganya yang ekonomis sehingga dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat,” ujar gadis kelahiran Sidoarjo itu, Kamis (12/7/2018).

Selain itu, teh yang diracik Citra berbeda dengan produk teh yang lain. Jika kebanyakan teh herbal berbentuk kemasan celup, produknya berupa bubuk yang sudah sekaligus dengan gula sehingga praktis dan mudah diseduh.

Dalam menjalankan bisnis itu, Citra menggandeng Ismi Nur Azizah (19) dan Eka Andriyanti (19). Dengan modal awal Rp 150.000 untuk 15 kardus, mereka sekarang sudah dapat memproduksi 30-50 kardus per hari sesuai pesanan. Harga yang dibandrol pun terjangkau, Rp15.000 per kardus.

Seperti bisnis pada umumnya yang tidak lepas dari kendala, bisnis ini memiliki masa sulit. Ketiganya harus membagi waktu antara belajar dan berbisnis. Namun, itu tidak menyurutkan semangat berbisnis mereka karena impian mereka memiliki outlet atau kedai teh serta memiliki cabang di mana-mana.

Titania Anggraini
Mahasiswa Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
titaniaanggraini12@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved