Breaking News:

Berita Kediri

Gandeng Pemerintah Pusat, Pemkot Kediri Bangun Sanitasi Berbasis Masyarakat di Ponpes Lirboyo

Pembangunan Sanimas ini dialokasikan melalui anggaran APBN bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

kedirikota.go.id
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pemkot Kediri bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk membangun Sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas). Rencananya Sanimas bakal dibangun di areal Ponpes Lirboyo, Kota Kediri.

Pembangunan Sanimas ini dialokasikan melalui anggaran APBN bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan, Sanimas yang akan dibangun dengan desain septic tank komunal. Direncanakan mampu menampung limbah tinja dengan kapasitas layanan 360 orang.

"Diharapkan dengan septic tank komunal pengelolaan limbah tinja di lingkungan Ponpes Lirboyo dapat memenuhi standar kesehatan," ungkapnya.

Pembangunan terutama untuk menyediakan septic tank yang kedap air sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran yang dapat mencemari air tanah dan membahayakan kesehatan.

Sanimas merupakan program di bawah Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya yang menyasar kawasan pedesaan dan perkotaan.

Kegiatan pembangunan Sanimas di antaranya seperti pembangunan prasarana mandi cuci kakus (MCK), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kombinasi dengan MCK dan Sambungan Rumah (SR).

Perjanjian kerja sama antara Dirjen Cipta Karya dengan Walikota Kediri untuk kerja sama pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat telah ditandatangani di Sanur Bali, 18 Juli 2018.

Acara ini dihadiri 97 kepala daerah kabupaten/kota se-Indonesia yang memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakan Sanimas di daerahnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved