Gebrakan Khofifah

Khofifah Tantang Bondowoso Tanam Jeruk Untuk Keluar Dari Kemiskinan

Cagub Jatim periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa menantang Masyarakat Bondowoso untuk memanam jeruk.

Khofifah Tantang Bondowoso Tanam Jeruk Untuk Keluar Dari Kemiskinan
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat bertandang menemui Kiai Salwa Arifin di Pondok Pesantren Manbaul Ulum di Desa Tangsil Wetan Bondosowo, Kamis (19/7/2018). 

SURYA.co.id | BONDOWOSO - Calon Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa sudah memiliki sejumlah terobosan untuk bisa mengangkat Kabupaten Bondowoso dari predikat kawasan tertinggal dan termiskin.

Salah satunya, Khofifah berencana menantang masyarakat Bondowoso dengan uji coba penanaman buah jeruk untuk pengembangan sektor pertanian.

Hal itu sempat diutarakan Khofifah saat bertandang menemui Kiai Salwa Arifin di Pondok Pesantren Manbaul Ulum di Desa Tangsil Wetan Bondosowo, Kamis (19/7/2018).

"Kemarin saya sudah ditelepon oleh Bapak Menteri Pertanian, beliau menyiapkan bibit 1 juta pohon jeruk kuning yang mahal," kata Khofifah.

Bibit pohon itu bisa menghasilkan jeruk kuning dengan kualitas mahal dalam waktu dua tahun sejak ditanam. Program ini rencananya akan disalurkan di Jawa Timur.

"Saya ingin sampaikan ke beliau, Bondowoso ini cukup cocok untuk ditanami jeruk dan ketersediaan lahan masih melimpah. Nah ini tantangan pertama bagi Bondowoso," ulas Khofifah.

Wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menegaskan, dengan stimulan jeruk dari pusat ini, diyakini bisa menciptakan pergerakan ekonomi baru dan mengembangkan sektor pertanian di Bondowoso.

Tidak hanya itu, Khofifah juga ingin agar sektor agraris di Bondowoso bisa berkembang. Selain jeruk, Khofifah juga menyebut potensi mengembangkan buah stroberi di Bondowoso.

"Saya pernah makan stroberi besar sekali ukurannya untuk ukuran buah stroberi lokal. Saya sempat mengira itu buah stroberi Australia. Ternyata itu dari Bondowoso," lanjutnya.

Dengan banyaknya potensi pertanian yang bisa digali dan dikembangkan di Bondowoso, Khofifah mengaku heran mengapa kabupaten satu ini masih tertinggal secara ekonomi.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved