Citizen Reporter

Ini Cara Cegah Stunting pada Bayi

Asupan gizi seimbang selama 1.000 hari pertama kehidupan yang menjadi kunci penting untuk menghindari gejala stunting.

Ini Cara Cegah Stunting pada Bayi
ist

Stunting merupakan kondisi dimana anak yang tumbuh tidak sesuai dengan ukuran yang semestinya (bayi pendek). Keadaan tubuh yang sangat pendek hingga di bawah median panjang atau tinggi badan populasi yang menjadi referensi internasional.

Secara sederhana, tinggi anak lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Stunting diakibatkan dari pola gizi buruk sehingga memperlambat pertumbuhan anak.

Stunting didiagnosis melalui indeks antropometrik tinggi badan menurut umur yang mencerminkan pertumbuhan linier yang dicapai pada sebelum dan sesudah persalinan dengan indikasi kekurangan gizi jangka panjang.

Ada beberapa wilayah di Indonesia dengan persentase stunting yang tinggi. Itu sebabnya, mahasiswa KKN Univeritas Negeri Malang di Desa Purwosekar, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang menyosialisasikan stunting.

Sasaran kegiatan yang dilakukan 4-6 Juni 2018 itu utamanya ibu-ibu yang memilki balita sehingga dilaksanakan di empat titik posyandu Desa Purwosekar. Saat itulah, para ibu diberi penjelasan tentang stunting dan pencegahannya.

Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan cara memberikan ASI ekslusif untuk bayi selama enam bulan pertama. Pemberian ASI juga dapat dilanjutkan sampai anak berusia 2 tahun.

Asupan gizi seimbang selama 1.000 hari pertama kehidupan yang menjadi kunci penting untuk menghindari gejala stunting. Supaya kebutuhan gizi 1.000 hari pertama kehidupan terpenuhi dengan baik dilakukan dengan sistem dua porsi.

Itu berarti, ibu hamil makan lebih banyak (dua porsi) lauk pauk dan sayur. Itu agar kebutuhan gizi janin terpenuhi. Selain itu, ibu hamil juga minum tablet tambah darah 1 butir sehari, tidak merokok, tidak minum minuman bersoda dan berakohol, mengikuti kelas ibu hamil, melakukan inisiasi menyusui dini setelah bayi lahir dan ASI eksklusif mulai bayi usia 0-6 bulan.

Lambung bayi baru lahir sangat kecil dan semua kebutuhan gizinya sampai dengan usia 6 bulan sudah terpenuhi dengan sempurna hanya dengan ASI. Yang paling penting, bayi setiap bulan ditimbang di posyandu untuk dipantau tumbuh kembangnya sekaligus berikan kapsul vitamin A dan imunisasi sesuai jadwal.

Sadar stunting juga perlu diiringi dengan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Itu seperti menjaga kebersihan rumah dan membiasakan anak berolahraga.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Desa Purwosekar terutama ibu-ibu yang memilki balita bisa lebih memahami tentang stunting, apa dampaknya, dan terutama bagaimana cara mencegahnya,” ujar Hafiz sebagai koordinator kegiatan.

Yunisa Nur Islamah
Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Malang
Yunisaislamah2@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved