Berita Surabaya

60 Orang Lakukan Postur Yoga, Efektif Jaga Kesehatan

Meski simpel, tapi yoga secara perlahan bisa menurunkan berat badan, karena ditunjang pernafasan

60 Orang Lakukan Postur Yoga, Efektif Jaga Kesehatan
SURYAOnline/Habibur Rohman
Puluhan warga mengikuti senam yoga sehat dan bugar yang digelar di Kebun Bibit Wonorejo dengan dibimbing instruktur dari Palem Yoga Centre Madhava Dev 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tak kurang dari 60 orang berdiri di atas matras. Mereka memerhatikan gerakan instruktur dari atas panggung. Secara perlahan, mereka melakukan gerakan yoga secara simpel.

Puluhan orang  mengikuti senam yoga sehat dan bugar yang digelar di Kebun Bibit Wonorejo. Dengan dibimbing Palem Yoga Centre, mereka mengikuti gerakan demi gerakan, mulai warming up hingga tahap relaksasi.

Instruktur yoga dari Palem Yoga Centre, Madhava Dev menuturkan, senam yoga ini diadakan sebagai bagian dari Hari Yoga Sedunia pada 21 Juni lalu dan sekaligus membuka mata bahwa yoga adalah senam yang simpel tapi menyehatkan.

“Momen Hari Yoga Sedunia sebenarnya jadi awal untuk memasyarakatkan yoga pada warga,” jelasnya di Kebun Bibit Wonorejo, Sabtu (14/7/2018).

Dia melihat, yoga sebenarnya adalah senam yang mudah dilakukan siapapun, mulai balita hingga lanjut usia. Meski terlihat sulit, namun gerakan yang dilakukan simpel dan alami. Bahkan dibandingkan senam yang selama ini dipelajari orang seperti aerobik, yoga dinilai lebih simpel dan tak memerlukan tempat luas.

“Yoga lebih sederhana tapi efektif untuk menjaga kesehatan,” ujarnya.

Gerakan atau postur dalam yoga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernafasan hingga pencernaan. Ini efektif jika postur dalam yoga dipadukan dengan pernafasan diafragma.

“Untuk orang yang belum paham dengan yoga, maka postur yang dipelajari adalah gerakan dasar, yang terdiri atas 3-6 postur. Postur itu seperti pujanggasana, yoga mudra, padahastasana, danurhasana dan matsyasana. Ini juga yang diajarkan dalam senam yoga sehat ini,” urainya.

Sedangkan seorang peserta, Rani (34) warga Pandugo mengakui bahwa dia baru pertama kali mencoba yoga. Dia menilai bahwa gerakan yoga tak terlalu sulit dan tak membuat lelah.

“Ini lebih simpel dari senam aerobik yang sering saya ikuti,” katanya.

Meski simpel, tapi yoga secara perlahan bisa menurunkan berat badan, karena ditunjang pernafasan. Dia mengaku yoga efektif menjaga kesehatan. “Yoga ini tak terlalu ribet,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved