Breaking News:

Sosok

Potret Listy Inezia yang Miris dengan 'Kelakuan' Netizen Indonesia

Pendidikan etika berperilaku di dunia maya sangat penting diterapkan, tak hanya anak muda, tapi juga orang tua.

Penulis: Delya Octovie | Editor: irwan sy
istimewa
Listy Inezia 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pendidikan etika berperilaku di dunia maya sangat penting diterapkan di era digital ini. Tak hanya bagi anak muda, tetapi juga bagi orang tua. Itu yang jadi perhatian Listy Inezia (23).

Pemilik Inezea Brand mengaku miris ketika melihat-lihat kolom komentar, yang ditinggalkan para netizen ke akun orang-orang terkenal. Ia menemukan banyak sekali komentar-komentar yang tak pantas ditulis.

Alih-alih memberi kritik membangun, netizen justru melontarkan kalimat-kalimat yang langsung menjatuhkan pemilik akun.

"Sekali mereka melihat hal yang bisa dihujat, ya itu yang mereka lontarkan. Misal ada artis mengunggah foto, mereka sebenarnya bisa fokus ke hal lain seperti bajunya, riasannya, dan lain-lain. Tapi, mereka malah berkomentar 'ih, kakinya hitam,'" kata Listy, Senin (9/7/2018).

Lulusan Fashion Design Universitas Ciputra Surabaya ini mengungkapkan mengikuti akun Instagram seorang pria yang senang merias diri. Perempuan yang juga menjadi vokalis band ini sedih ketika melihat komentar-komentar yang ditinggalkan netizen Indonesia di akun tersebut.

"Netizen luar itu justru memuji dia, teknik make up-nya, atau permainan warnanya, kalau ada yg mengkritik pun, ya kritik membangun. Tapi netizen Indonesia justru membahas hal-hal tidak penting, dan seringnya tidak nyambung, seperti 'wajahnya tidak simetris'," ujar alumni SMAN 6 Surabaya ini.

Menurutnya, tak sebenarnya juga banyak orang yang secara usia sudah masuk hitungan dewasa, namun tetap menulis hal-hal buruk di kolom komentar orang lain sesuka hati.

"Sepertinya memang kurang edukasi ya, bagaimana etika di dunia maya. Orang-orang itu, entah bagaimana, seakan merasa 'menang' setelah meninggalkan komentar-komentar tercela. Padahal coba saja kalau di dunia nyata, mereka tidak akan berani mengatakan hal-hal buruk yang mereka tulis itu," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved