Berita Surabaya

BKKBN Jatim Kampanye Generasi Berencana ke Para Remaja di Taman Bungkul

BKKBN Jatim dan DP5A Surabaya menggelar kampanye Generasi Berencana ke para remaja di Taman Bungkul, Surabaya

BKKBN Jatim Kampanye Generasi Berencana ke Para Remaja di Taman Bungkul
surabaya.tribunnews.com/danendra kusumawardana
Yenrizal Makmur (kiri), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur memberikan sambutan di hadapan ratusan mahasiswa di acara Generasi Berencana di Taman Bungkul, Jumat (29/6). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kampanye Generasi Berencana (GENRE) yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Surabaya (DP5A) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Timur di Taman Bungkul, Surabaya, dihadiri oleh ratusan remaja, Jumat (29/6).

Kampanye Genre digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXV.

"Kegiatan ini serentak diadakan dan menjadi rangkaian acara Hari Keluarga Nasional 2018," ujar Yenrizal Makmur selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Acara Hari Keluarga Nasional bertajuk Generasi Berencana resmi dibuka oleh Yenrizal dengan menerbangkan 29 balon yang bertuliskan harapan untuk keluarga Indonesia.

Pada pertengahan acara, ada aksi pembagian souvenir berisi bolpoin berbentuk alat suntik oleh mahasiswa yang tergabung dalam berbagai komunitas.

Mereka membagikan kepada pengunjung taman Bungkul dan beberapa pengguna jalan.

Yenrizal menjelaskan, acara Hari Keluarga Nasional XXV akan diisi oleh berbagai rangkaian seperti pawai mobil unit penerangan dari Gresik, menuju Lamongan, Ngawi, Bojonegoro, dan berakhir di Madiun pada 12 Juli.

Di Madiun akan digelar upacara yang di pimpin oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan kepala BKKBN Pusat.

"Mobil tersebut berfungsi sebagai sosialisasi dan menggalakkan kembali program KB di masyarakat," ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Yenrizal juga mengimbau kepada remaja agar tidak berhenti belajar dan mengetahui ilmu tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, ia berharap agar para remaja menghindari pernikahan dini, mencegah seks pranikah serta penyalahgunaan narkoba.

"Jika bisa dijalankan maka akan terbentuk keluarga yang berkualitas serta keluarga sejahtera," bebernya.

Kasi Pengendalian Penduduk DP5A Kota Surabaya, Djoenijanto Soesilo mengatakan, kegiatan kampanye Genre yang diikuti oleh ratusan remaja tersebut, merupakan salah satu bentuk sosialisasi mengenai generasi berencana dan delapan fungsi keluarga.

"Fungsinya yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi serta fungsi lingkungan," tandasnya. 

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved