Pilkada 2018

Sambil Ngopi, Pakde Karwo Nonton Bareng Hitung Cepat Pilkada Jatim 2018

Sambil menikmati sajian kopi, Gubernur Jatim Soekarwo menyaksikan proses hitung cepat yang ditayangkan stasiun televisi.

Sambil Ngopi, Pakde Karwo Nonton Bareng Hitung Cepat Pilkada Jatim 2018
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Gubernur Jatim, Soekarwo, saat mengikuti proses quick count Pilkada Jatim 2018 di Gedung Negara Grahadi Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo, menyaksikan proses hitung cepat melalui layar televisi di gedung negara Grahadi, Surabaya, Rabu (27/6/2018).

Gubernur dua periode ini asyik menikmati hitung cepat itu sambil menikmati sajian kopi di lobi depan. 

Kadang tampak Pakde Karwo bereaksi saat melihat jarak unggul pasangan Khofifah-Emil Dardak menjauh dari pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

"Sudah di atas 70 persen suara yang masuk," reaksi Pakde Karwo menyaksikan keunggulan Khofifah.

Selama lebih dari satu jam, mulai pukul 13.00, Pakde Karwo mengajak dua stafnya menemani nonton langsung Quick count di layar televisi. Tampak Kabiro Hukum Himawan Estu Bagijo dan Kabiro Administrasi Pemerintahan Umum Anom Surahno.

Selain dua stafnya, Ketua DPD Parta Demokrat Soekarwo juga ditemani salah satu pengurus DPP Partai Demokrat, Jan Prince Permata. Pakde lebih sering mendiskusikan hasil Quick count dengan pengurus partai itu.

Pakde Karwo meninggalkan arena hitung cepat yang ditayangkan stasiun televisi di Grahadi menjelang pukul 15.00.

Saat itu data suara pemilih yang masuk di Pilgub Jatim sudah menunjukkan 95 persen. Keunggulan pasangan yang diusung Partai Demokrat itu sudah tak terkejar.

"Suara yang masuk terus masuk hingga mendekati 100 persen. Tapi jarak keunggulan pasangan nomor 1 tetap tak beranjak," reaksi Himawan yang terus diskusi dengan Pakde Karwo.

Pakde enggan mengomentari hasil hitung cepat yang memenangkan calon Demokrat dalam Pilgub Jatim. Pria ini menolak memberi komentar apa pun terkait hasil hitung cepat itu. Dia lebih senang membicarakan suasana aman di Jatim.

"Hasil resmi KPU baru 3 Juli besok. Saya sebaiknya tidak komentar dulu. Saya senang Jatim aman dan banyak negara asing memantau Pilgub Jatim. Ini menandakan Jatim makin matang dan dewasa dalam berdemokrasi," kata Pakde.

Saat ditemui usai mencoblos di TPS 22 Kertajaya Indah, Pakde sempat menyampaikan harapannya kepada penggantinya sebagai gubernur Jatim. Terlepas dari siapa pun yang menang, Pakde minta penerusnya itu merangkul semua pihak.

"Jatim perlu partisipasi dari semua pihak dan semua golongan. Semua kalangan. Gubernur baru nanti harus bekerja sama dengan semua stakeholder. Lanjutkan yang sudah baik," ucap Pakde Karwo.

Sebelum menyaksikan hitung cepat, Gubernur Jatim Pakde Karwo bersama Kapolda Irjen Pol Mahfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rachman meninjau keamanan di Jatim. Forkopimda ini memantau sejumlah TPS di Jatim. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved