Pilkada 2018

KPU Jatim Yakin Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak Tahun ini Naik Signifikan

KPU Jatim optimistis tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2018 tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya.

KPU Jatim Yakin Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak Tahun ini Naik Signifikan
surabaya.tribunnews.com/fatkhul alamy
Kapolda Jatim dan Pangdam V/Brawijaya saat memantau salah satu TPS di Surabaya, Rabu (27/6/2018) 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Jatim 2018 diyakini mengalami peningkatan signifikan. 

Menurut komisioner KPU Jatim Bidang Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM, Gogot Cahyo Baskoro, angka golput di Pilkada Jatim cenderung turun. 

Dia menyebut, pada Pilkada 2008, tingkat partisipasi pemilih tercatat sebesar 59 persen. Lalu pada pada 2014 naik menjadi 61 persen. 

"Kami yakin bisa meningkat menjadi 70 persen partisipasi masyarakat dalam memilih, tapi itupun masih menunggu ya lantaran ini hanya gambaran awal," ujarnya ditemui di kantor KPU Kota Mojokerto, Rabu (27/6/2018).

Gogot menjelaskan peningkatan partisipasi masyarakat dalam memilih di Pilgub Jatim itu disinyalir turut dipengaruhi oleh adanya pemilihan kepala daerah Pilbup/Pilwali.

"Misalnya, di Mojokerto dan Batu tingkat partisipasi pemilih hingga 80 persen," bebernya.

KPU Provinsi Jatim optimistis berdasarkan report anggotanya di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada peningkatan partisipasi masyarakat yang sangat baik.

"Secara umum pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Timur (Pilgub/Pilbup/Pilwali) di sejumlah daerah berjalan lancar tanpa kendala sedikitpun," imbuhnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved