Pilkada 2018

Demokrat Sebut Keunggulan Khofifah - Emil dalam Hitung Cepat karena Rebut Suara Swing Voters

Sekretaris DPD Partai Demokrat sekaligus Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah Emil, Renville Antonio, mengatakan keunggulan ini sesuai prediksi.

Demokrat Sebut Keunggulan Khofifah - Emil dalam Hitung Cepat karena Rebut Suara Swing Voters
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Bakal calon Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (kanan), bersama Sekretaris Tim Pemenangan, Renville Antonio, ketika memberikan penjelasan beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kemenangan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Paranwasa - Emil Elestianto Dardak versi hitung cepat membawa kebahagiaan bagi enam partai pengusung.

Yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sekretaris DPD Partai Demokrat yang juga sekaligus Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah Emil, Renville Antonio, mengatakan kemenangan atau unggulnya paslon yang mereka usung versi quick count sudah sesuai dengan prediksinya.

"Sebagimana yang kami prediksi, memang sehari sebelumnya kami sudau memprediksi selesih kemenangan kita sekitar 10 persen. Ini berdasaarkan konsultan survei yang kredibel dan laporan berbaagai tim kampanye di kabupaten kota," kata Renville, Rabu (27/6/2018) malam.

Ia menilai bahwa lantaran selisih hitungan quick count terbilang cukup jauh yaitu di atas lima persen maka akan cukup sulit berubah hingga penetapan atau real count dari KPU.

"Secara aturan kan memang ada ketentuan, pada selisih beraoa persen bisa masuk MK dan ada gugatan atau tidak. Dengan angka ini, kami rasa aman dan tidak akan berubah samai penetapan," tegas Renville.

Lebih lanjut dirinya menyebut bahwa komitmen yang dibangun bersama pasangan lawan, yaitu Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno sudah bagus.

Di mana Gus Ipul berkomitmen untuk memberikan aspirasinya jika Khofifah Emil yang menang dalam Pilgub. Menurut Renville itu adalah upaya yang bagus menjaga kondusivitas Jawa Timur.

"Di berbagai survei kemarin kan memang selisihnya tidak banyak. Kali ini, angkanya sudah tinggi, menurut saya karena swing voter dan undecided voter akhirnya memilih kami," kata Renville.

Sebab dikatakan Renville, mereka yang belum menentukan pilihan adalah mereka yng rasional. Serta yang menunggu ada money politics atau tidak.

"Karena dari bawah tidak ada pelanggaran politik uang maka menurut saya, para undecided voter itu memilih Khofifah Emil sesuai dengan hati nurani," tegasnya.

Hal hampir sama juga disampaikan oleh pelaksana tugas Ketua DPW Partai Golkar Jawa Timur, Zainuddin Amali. Ia mengatakan bahwa warga Jawa Timur layak mendapatkan ucapan selamat.

"Karena warga Jawa Timur sekarang punya pemimpin baru, yang dipilih langsung oleh masyarakat dan kami siap mengawal apa yang sudah diamanahkan pada Bu Khofifah dan Pak Emil lima tahun ke depan," kata Zainuddin Amali.

Semua hasil navigasi dan rekomendasi yang dilakukan juga akan menjadi hal yang dikawal oleh partai Golkar ke depan.

Sedangkan Sekretaris DPW PPP Jawa Timur Nurman Zein mengatakan bahwa hasil hari ini sejatinya sudah menjadi takdir. "Kami akan mengawal hasil ini sampai pelantikan," katanya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved