Berita Surabaya

Pemprov Jatim Gelar Festival Panji Nusantara di 5 Kota Ini. Simak Jadwalnya

Cerita Panji bukan sekadar kisah romantika Panji Asmarabangun dengan Dewi Sekartaji tetapi masih banyak hal lainnya.

Pemprov Jatim Gelar Festival Panji Nusantara di 5 Kota Ini. Simak Jadwalnya
surya/pipit maulidiya
Jarianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar Festival Panji Nusantara, mulai Sabtu (30/6/2018) hingga Kamis (5/7/2018).

Berbeda dengan tahun lalu, festival tahun ke dua ini berjalan estafet di lima kota dan turut menghadirkan negara tetangga, Thailand dan Kamboja.

Lima kota di antaranya Taman Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan (30/6 - 1/7), Taman Krida Budaya Jawa Timur Malang (2/7 - 3/7), Komplek Candi Penataran Kab Blitar (3/7), Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa Kabupaten Tulungagung (4/7), dan terakhir di Candi Tegowangi, Situs Panji di Kab Kediri (4/7 - 5/7).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jarianto, mengatakan kegiatan ini menjadi bagian dari Festival Panji Internasional oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jendral Kebudayaan 27 Juni di Bali.

"Unesco sudah mengakui adanya sejarah Panji ini. Nah, saat ini kami semua sedang memperjuangkan sejarah Panji agar diakui menjadi milik Indonesia, khususnya Jatim. Ya melalui kegiatan semacam ini," terangnya saat prescon di Taman Budaya Cak Durasim, Selasa (26/6).

Sejarah Cerita Panji

Menurut sejarah cerita Panji adalah sebuah pusaka budaya yang populer pada masa Majapahit. Cerita ini menyebar ke berbagai daerah dan negara-negara Asia Tenggara kekuasaan Majapahit kala itu.

Cerita Panji bukan sekadar kisah romantika Panji Asmarabangun dengan Dewi Sekartaji tetapi masih banyak hal lainnya.

Henri Nurcahyo, penulis buku Memahami Budaya Panji, menjelaskan selama ini masyarakat Indonesia lebih mengenal cerita Ramayana dan Mahabarata dari India.

Sementara Jawa Timur, Indonesia sebenarnya memiliki cerita Panji.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved