Breaking News:

Berita Surabaya

Jelang Coblosan, Pemohon E-KTP di Siola Membeludak, Pemkot Siapkan 52.000 Blangko Siap Cetak

"Kurang dua hari lagi, Senin dan Selasa. Padahal kami sudah buka pelayanan bahkan saat libur lebaran," jelas Suharto Wardoyo.

surya/ahmad amru muiz
Kadispendukcapil Suharto Wardoyo (kanan) dalam sebuah kesempatan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejak 21 Juni lalu pusat layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Lantai 1 Siola, terlihat antre.

Sebagian besar mereka mengurus rekam E-KTP. Surhato Wardoyo, Kepala Dispendukcapil berharap saat Pilkada Jatim 2018 nanti penduduk Surabaya sudah membawa E-KTP.

"Kurang dua hari lagi, Senin dan Selasa. Padahal kami sudah buka pelayanan bahkan saat libur lebaran. Masih terlihat membeludak, dan banyak yang belum pegang E-KTP," kata pria yang akrab disapa Nanang ini.

Dalam dua hari itu, Nanang mengaku tetap herusaha memberikan pelayanan. Meski tidak mempunyai E-KTP masyarakat pun bisa menggunakan surat keterangan pengganti E-KTP.

"Ini tadi banyak yang rekam E-KTP, sejak pagi sudah ada 500 antrean," tambahnya.

Kabid Pendaftaran Penduduk, Ferry Jocom menambahkan antrean ini sudah terlihat sebelum libur lebaran, dan pasca libur lebaran.

Pelayanan lantai 1 Siola buka setiap hari pukul 07.30 hingga 21.00 WIB. Sementara Sabtu dan Minggu pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

Ferry mengatakan bagi masyarakat yang mengurus E-KTP tidak perlu khwatir karena pemerintah Kota Surabaya menyediakan 52 ribu blanko siap cetak.

"Blanko mencukupi, tapi kesadaran masyarakat untuk mengurus KTP yang belum. Blanko ini pun sudah kami distribusikan ke kecamatan. Sebenarnya pelayanan E-KTP ini sudah ada di kecamatan-kecamatan, entah kok ingin mengurus di sini mungkin sekalian jalan-jalan," terangnya.

Nizar Ahmad Habibi (18) warga Rungkut Surabaya mendapatkan nomor antrean 510. Ini pertama kali dia mengurus KTP.

"Saya disuruh kecamatan ke sini, tadi nunggu dari jam 12.30 WIB sampai sore 17.10 WIB belum dipanggil juga, masih nomor 200an. Kalau ngurus KTP ini biar cepat selesai saja, bukan karena Pilkada Jatim 2018, tapi kalau jadi cepat juga bisa untuk nyoblos," akunya.

Foto Masyarakat Surabaya mengurus EKTP di Siola, antrean membeludak hingga mereka tak medapatkan tempat duduk, sehingga menunggu di luar

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved