citizen reporter

Peringatan Ini untuk Menghargai Manusia

Sejatinya agama adalah sarana mewartakan damai dan menghargai segala manusia. Itu yang seharusnya dihayati.

Peringatan Ini untuk Menghargai Manusia
ist

Ratusan umat memadati Gereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya di Jalan Ngagel Madya pada Kamis (21/6/2018) untuk mengikuti Perayaan Ekaristi. Itu untuk mengenang 40 hari setelah peristiwa pengeboman tiga gereja di Surabaya pada Minggu pagi (13/5/2018).

Acara dipimpin Uskup Keuskupan Surabaya, Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono bersama belasan pastor dari berbagai gereja di Surabaya. Secara khusus, ratusan umat yang hadir juga berdoa bagi enam jemaat Gereja Santa Maria Tak Bercela yang telah menjadi korban bom di gereja itu.

Sutikno dalam khotbahnya menegaskan, mereka yang telah wafat karena peristiwa bom tersebut telah memakai hidup dengan tekun sebagai korban diri untuk kehidupan.

“Banyak korban yang mencegah pengebom untuk masuk ke gereja. Karena merekalah, kita selamat. Mereka telah berkorban demi keselamatan kita,” ujarnya.

Peristiwa pengeboman yang terjadi beberapa waktu lalu dinilai Sutikno telah merusak rasa kepercayaan antarmasyarakat. Maka, ia berpesan kepada umat untuk senantiasa menjadi pribadi yang membawa keselamatan dan keamanan bagi orang lain.

“Kita diundang untuk mengisi hidup dengan kasih sayang, menghindari, dan tak berusaha untuk membalas dendam. Itu yang seharusnya dihayati orang banyak karena sejatinya agama adalah sarana mewartakan damai dan menghargai segala manusia,” tambahnya.

Acara itu dilanjutkan dengan kenduri dan berbagai penampilan kreasi yang diselenggarakan di halaman gereja. Dalam kegiatan itu, hadir Kombes Pol Rudi Setiawan, Kapolrestabes Surabaya dan Perwakilan Konsulat Jenderal Amerika Serikat dan Australia. Hadir juga perwakilan dari Pemkot Surabaya yang mewakili Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya yang sedang bertugas di luar kota.

Jacko Ryan
Mahasiswa Ilmu Politik
Universitas Airlangga
ckoryan28@yahoo.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved