Breaking News:

citizen reporter

Butuh Waktu 5 Tahun Terbitkan Catatan Harian

Makin ke timur makin indah ketika di-upload. Yang paling menyenangkan bertemu orang-orangnya, alamnya yang eksotis.

Editor: Endah Imawati

Banyak yang hobi traveling. Banyak yang membagi foto saat ada di suatu tempat yang menarik. Akan tetapi, jarang yang mau menuliskannya dengan menarik.

Fiersa Besari mewujudkan perjalanannya dalam buku Arah Langkah. Arah Langkah merupakan buku baru Fiersa yang menceritakan perjalanan menyusuri Indonesia dengan kedua temannya selama tujuh bulan pada tahun 2013.

Ketiganya memiliki alasan masing-masing, salah satunya adalah patah hati. Dalam buku itu, Fiersa tetap menggunakan cinta sebagai tema dasar, namun tentu berbeda dengan buku-buku sebelumnya.

Menurut Fiersa, Arah Langkah direncanakan pembuatannya ketika akan berkelana. Namun, yang menjadi kesalahan adalah keinginan untuk menulis baru muncul ketika tiba di Maluku.

“Sudah banyak kota yang dilewati. Jadi menyusun ulang hari demi hari,” tutur Fiersa saat ditemui Jumat (24/5/2018).

Arah Langkah pada dasarnya merupakan catatan harian yang dijadikan naskah. Menurutnya, dalam proses pembuatan buku tersebut proses mengingat kembali dan memilah yang dijadikan naskah adalah hal yang sulit sehingga membutuhkan waktu lima tahun hingga akhirnya dirilis.

Setiap ide memang berharga dan seharusnya ditulis. Bagi Fiersa yang sering disapa Bung, menulis sama dengan mendaki, berjalan jauh menuju destinasi dan di tengah pendakian terkadang merasakan perasaan aneh.

“Kok saya bisa di sini? Kenapa gak tidur enak aja?” kelakarnya.

Saat itulah penulis sejatinya merasa lelah. Berpikir bahwa tulisannya jelek sehingga mengedit ulang terus-menerus. Selain menulis, Fiersa memiliki hobi bermusik dan merekam. Fiersa mengatakan bahwa dirinya ‘membuat stok’ ketika sedang mood.

“Ketika mood datang saya akan terus mengetik. Sampai mood hilang saya kembali ke sosial media mengedit video lagi,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved