Citizen Reporter

Hindari Sekitar Mata, Jangan Asal Pijat

Program KKN selalu membutuhkan dana besar? Ah, tidak juga. Pelatihan pijat juga bisa dilakukan karena sesuai dengan kebutuhan warga.

Hindari Sekitar Mata, Jangan Asal Pijat
ist

Massage sering dianggap sesuatu yang eksklusif sehingga jika ingin melakukannya perlu merogoh banyak uang terlebih dulu. Anggapan seperti itu perlu diluruskan karena massage tidaklah selalu mahal.

Puluhan warga Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, berkumpul di pendopo balai desa Gondanglegi Kulon. Bukan tanpa maksud, mereka berkumpul karena tertarik terhadap kegiatan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) yaitu pelatihan massage, Minggu (10/6/2018).

Pelatihan massage merupakan bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat setempat. Pelatihan dipimpin mahasiswa KKN dibantu salah satu dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UM.

Massage merupakan pemijatan pada bagian tubuh tertentu dengan tangan atau alat-alat khusus untuk melancarkan peredaran darah sebagai cara pengobatan atau untuk menghilangkan rasa lelah.

Bentuk pelatihan massage yang diberikan adalah massage wajah dan massage kepala. Kedua bentuk massage ini tidaklah memiliki teknik yang sulit dalam pengaplikasiannya sehingga warga desa dapat melakukan secara mandiri ketika membutuhkan relaksasi.

Bahan yang dibutuhkan pun sederhana dan banyak didapatkan, yaitu minyak zaitun. Pada massage kepala, teknik yang perlu dilakukan hanya tiga jenis, yaitu gosokan, gerusan, dan kembali ke gosokan.

Sementara itu, massage wajah cukup memijat dari dahi sampai dagu secara beraturan dan berulang. Area wajah yang perlu dihindari yaitu pada bagian mata.

Saat pelatihan, banyak warga yang sudah mulai pandai memijat, baik untuk wajah maupun kepala. Menariknya, saat warga dipersilakan untuk mempraktikkan di depan warga lainnya, mereka antusias.

Wahid sebagai perwakilan perangkat desa yang turut dalam pelatihan berharap warga dapat menerapkan massage secara pribadi. Itu karena teknik yang mudah dan sederhana, namun memiliki pengaruh yang signifikan bagi aliran darah.

Ferry Alby
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
ferryalby1@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved