Breaking News:

Lebaran 2018

Sehari Bisa 10 Kali Delay di Bandara Juanda, Angkasa Pura Anggap Wajar karena Tak Sampai 3 Jam

Tingginya traffic penerbangan saat arus mudik di Bandara Juanda menjadikan aktivitas penerbangan banyak mengalami delay.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Parmin
surya/nuraini faiq
Seorang penumpang menunggu jadwal penerbangan di lobi Bandara Juanda Surabaya, Senin (12/6/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tingginya traffic penerbangan saat arus mudik di Bandara Juanda menjadikan aktivitas penerbangan banyak mengalami delay. Hingga H-4 pada Senin (11/6/2018) sore, banyak penerbangan mengalami delay.

Pantauan Surya.co.id di bandara itu. Dalam setiap 30 menit, Announcher di Terminal 1 Bandara Juanda Surabay menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang karena penerbangan mengalami keterlambatan. 

 "Delay selama arus mudik di Bandara Juanda tegolong wajar. Tidak sampai ekstrem lebih dari tiga jam. Delay antara 30-60 menit. Wajar saat traffic penerbangnan padat," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuristo Ardi Hanggoro. 

Dalam catatan petugas dalam setiap hari rata-rata ada 10 penerbangan mengalami delay selama arus mudik. Yuristo menyebutkan bahwa keterlambatan pesawat itu karena sejak di bandara keberangkatan sudah terlambat.

Namun, ada pula delay karena memang ingin memastikan kondisi pesawat demi keselamatan penerbangan.

"Sehari memang bisa 8-10 terjadi delay selam arus mudik ini," kata Yuristo.

Apalagi saat ini ada 31 extra flight yang dioperasikan di bandara internasional tersebut. Ini berlaku karena mendekati hari H permintaan penumpang terus meningkat. 

Rute-rute gemuk seperti Surabaya-Jakarta, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Makassar, selalu banyak permintaan.

"Jurusan ini memang banyak peminat. Kami berlakukan tarif batas atas saat arus mudik," kata Manajar Lion Surabaya, Kholid Widodo.

 Informasi yang diterima di lingkungan Bandara Juanda, tiket Surabaya-Jakarta di kisaran Rp 1,5 juta.

Manajer Lion Surabaya Kholid memastikan bahwa penerapan batas atas tidak menyalahi aturan.

Pantauan surya.co.id di Bandara Juanda hingga sore tadi, kepadatan penumpang terus meningkat. Ratusan penumpang banyak menunggu di lobi bandara. Semua tempat duduk di ruang lobi penuh.

 Akibatnya banyak pula penumpang yang kelesetan. Sambil memegangi bawaan dan kopernya, tampak penumpang terdiri sambil lesehan di lobi bandara. 

Sementara itu, pada H-5 kemarin Bandara Juanda Surabaya dipadati 63.158 penumpang. Sebanyak 56.757 penumpang domestik dan 6.401 penumpang internasional.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved