Berita Surabaya

Cuti Bersama, Dispendukcapil Gedung Siola Tetap Buka Layanan Rekam dan Cetak e-KTP 

Mulai Senin (11/6/2018) semua kantor Pemkot tutup karena cuti bersama Lebaran.

surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Suasana layanan Dispendukcapil Kota Surabaya di Gedung Siola. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mulai Senin (11/6/2018) semua kantor Pemkot tutup karena cuti bersama Lebaran. Namun khusus kantor layanan kepada masyarakat harus tetap buka. Salah satunya adalah Kantor Dispenduk Capil.

"Dispenduk tetap akan buka untuk melayani masyarakat yang inin rekam dan cetak KTP elektronik. Layanan berlangsung Senin-Selasa besok," terang Kepala Dispenduk Capil Kota Surabaya Suharto Handoyo, Minggu (10/6/2018).

Rekam hingga cetak KTP elektronik itu akan dilayani di Gedung Siola lantai 1. Masyarakat Surabaya yang hendak mengurus data kependudukan itu akan dilayani normal. 

Suharto menuturkan bahwa layanan akan dibuka hanya sampai sore hari. Jika hari normal, layanan Dispenduk Capil sampai malam hari. Semua loket juga akan dibuka demi mempercepat layanan pengurusan data kependudukan tersebut.

Setiap hari menjelang Mudik, kantor layanan Dispenduk Capil malah dipadati pemohon. Ada ribuan warga yang setiap hari belakangan ini mengurus KTP. Selain penyempurnaan dan rekam KTP, ada pula yang pengajuan KTP baru.

Salah satu kelompok masyarakat yang banyak mengajukan KTP baru adalah mereka para lulusan SMA dan SMK.

Mereka banyak menyerbu Dispenduk Capil agar bisa mendapatkan KTP untuk tujuan mendapat pekerjaan. 

Pada Jumat kemarin, Surya.coid mengamati di gedung Gedung Siola penuh sesak pemohon KTP. Semua tempat duduk di ruang tunggu penuh. Ada yang sampai berdiri menunggu panggilan layanan. 

Kabid Pendaftaran Kependudukan Dispenduk Capil Kota Surabaya Ferry Jokong menyebutkan bahwa banyaknya orang hingga tak kebagian tempat duduk antrean karena bercampur dengan pengantar.

"Mereka bukan pemohon. Kursi itu cukup utuk pemohon. Jika ramai pemohon bisa mencapai 560 orang," kata Ferry.

Layanan Dispenduk Capil saat hari normal dibuka mulia pukul 07.30 hingga malam pukul 21.00 pada Senin-Jumat. Saat Cuti Bersama besok buka pukul 07.00 hingga pukul 16.00. 

Dispenduk Capil memiliki 38 petugas dan staf yang biasanya dibagi sesuai sift. Saat ini pengunjung ramai karena pemohon KTP pemula. Juga ada yang pembentulan karena KTP ganda.

Berdasarkan data di Dispenduk Capil bahwa total penduduk wajib KTP elektronik sebanyak 2.108.490. Hingga saat ini sudah tercetak 1.620.420 keping KTP elektronik atau sudah 77 persen. Sisanya proses penuntasan. 

Sedang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah mengeluarkan edaran khusus untuk kantor Pemkot yang memberikan layanan langsung kepada masyarakat agar membuka layanan selama Cuti Bersama Lebaran. Cuti bersama 11-20 Juni. 

Kantor layanan itu adalah Puskesmas, Rumah Sakit, PDAM, Pemadam Kebakaran, Satpol Linmas, Dinas Perhubungan, dan kantor lainnya. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved