Breaking News:

Lebaran 2018

Ada Penyempitan Jalan, Ini 3 Titik Rawan Macet saat Arus Mudik Lebaran di Wilayah Jombang

Ada tiga titik rawan macet saat arus mudik balik lebaran 2018, di wilayah Jombang

Penulis: Sutono | Editor: Titis Jati Permata
surya/mohammad romadoni
Ilustrasi, kemacetan di jalan raya 

SURYA.co.id | JOMBANG - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jombang Jawa Timur mencatat ada sebanyak tiga titik rawan macet saat arus mudik balik lebaran 2018, di wilayah hukum Polres Jombang.

Ketiga titik rawan macet tersebut berada di Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Bandarkedungmulyo, serta di Kecamatan Ploso.

"Penyebab utamanya adalah penyempitan jalur di tiga kawasan tersebut," ujar Kepala Satlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana kepada SURYA.co.id, Kamis (7/6/2018).

Ia menyebutkan upaya untuk mengatasi kepadatan arus di wilayah yang menjadi perhatian khusus tersebut, pihaknya akan memanfaatkan beberapa jalur fungsional serta jalur alternatif.

Untuk di kecamatan Mojoagung, sambung Inggal, akan memanfaatkan Ring Road Mojoagung untuk menghindari kepadatan arus di tiga jembatan yang ada di dalam kota kecamatan tersebut.

Sedangkan di Kecamatan Bandarkedungmulyo akan memberlakukan jalur tol fungsional sebagai pemecah arus kendaraan.

Begitu juga di kecamatan Ploso upaya rekayasa lalu lintas akan diberlakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan di Simpang Tiga Ploso.

"Pola-pola pengalihan arus seperti buka tutup jalur, pemberlakuan 'contra flow' serta kanalisasi lajur akan kita lakukan untuk menghindari kepadatan arus di tiga titik rawan kemacetan itu," imbuhnya.

Inggal juga akan menambah anggotanya di lapangan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas serta berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk memilih atau pun mengarahkan pengendara pemudik ke jalur alternatif.

Inggal meminta pemudik yang melintasi Kabupaten Jombang Jawa Timur diharapkan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di smartphone untuk mencari jalur alternatif saat mudik lebaran 2018.

Hal ini untuk menghindari kepadatan dan kemacetan arus dijalur utama. Banyak aplikasi di smartphone untuk mencari jalur alternatif.

"Misalnya menggunakan Google Maps saat perjalanan mudik lebaran 2018," ujar AKP Inggal Widya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved