Berita Ponorogo

14 Tahun Beroperasi, Pabrik Tahu Putih Diduga Berformalin di Ponorogo Digrebek Polisi

Pabrik tahu di Kelurahan Purbosuman, Kecamatan Ponorogo, yang diduga menjual tahu berformalin digerebek Tim Satgas Pangan Polres Ponorogo

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Eben Haezer Panca
ist
Pabrik tahu di Ponorogo digrebek polisi karena diduga mengandung formalin. 

SURYA.co.id|PONOROGO - Pabrik pengolahan tahu di Kelurahan Purbosuman, Kecamatan Ponorogo, yang diduga menjual tahu mengandung formalin digerebek Tim Satgas Pangan Polres Ponorogo, Rabu (30/5/2018) kemarin sore.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo, AKP Rudi Darmawan menuturkan, penggrebekan itu dilakukan setelah adanya informasi dari masyarakat terkait peredaran tahu berformalin di Pasar Ponorogo.

"Benar, saat ini masih kami lakukan penyelidikan. Kemarin kami mintai sampelnya untuk dilakukan uji laboratorium,"kata AKP Rudi saat dikonfirmasi, Kamis (31/5/2018) sore.

Ia menuturkan, dari hasil pemeriksaan saksi-saksi, pabrik tahu ini sudah memproduksi tahu sejak 2004. Dalam sehari, pabrik tahu ini memproduksi 1,5 ton tahu.

Dikatakan Rudi, tahu putih tersebut dipasarkan hampir di seluruh pasar di Ponorogo. "Hampir di seluruh pasar di Ponorogo, "katanya.

Sementara itu dilansir dari website  tribratanewsponorogo.com, Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan laboratorium untuk melakukan pemeriksaan dengan teknik Reagen.

‘’Kami lakukan pengecekan beberapa tahu. Kerjasama dengan laboratorium. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan teknik reagen,’’ kata AKBP Radiant.

Dari hasil pemeriksaan dengan teknik reagen itu, polisi menyatakan tahu hasil pabrik tersebut positif mengandung formalin. Selanjutnya Unit Tipidter dan Unit Resmob mengamankan saksi-saksi dan BB guna proses lebih lanjut.

‘’Barang bukti yang dibawa 4 kotak tahu jadi, 2 drum cuka tahu, 1 sak kedelai, 1 sak ampas tahu, 1 set alat pembuatan tahu,’’ tutur kapolres.

Dia menambahkan, pemeriksaan awal akan menjadi pegangan untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara global untuk memastikan tahu tersebut mengandung formalin atau tidak.

Sementara itu, pemilik pengolahan tahu yang bernama Untung dan beberapa karyawan pabrik masih berstatus sebagai saksi. Mereka masih intensif diperiksa oleh Satreskrim Polres Ponorogo. 

Baca: Jelang Buka Puasa, Tiga Bangunan di Gedangan Sidoarjo Ludes Terbakar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved