Berita Kampus Surabaya

Universitas Airlangga Gabung Program KKN Citarum Harum, Kesempatan Mahasiswa Asal Jabar Mengabdi

Universitas Airlangga (Unair) menjadi universitas di luar Jawa Barat dan Jakarta yang bergabung dalam program ini.

Universitas Airlangga Gabung Program KKN Citarum Harum, Kesempatan Mahasiswa Asal Jabar Mengabdi
surya/sulvi sofiana
Ketua Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan Dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Unair, Prof Jusuf Irianto (baju putih) bersama dosen pembimbig lapangan dan calon peserta KKN Citarum Harum usai pembekalan KKN Tematik Citarum Harum di Kampus C Unair, Minggu (27/5/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) meluncurkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citarum Harum yang melibatkan perguruan tinggi se-Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Universitas Airlangga (Unair) menjadi universitas di luar Jawa Barat dan Jakarta yang bergabung dalam program ini bersama Universitas Gajah Mada (UGM).

Ketua Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan Dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Unair, Prof Jusuf Irianto mengungkapkan Unair merupakan perguruan tinggi yang selayaknya ikut berperan di pentas nasional.

“Kami sudah banyak kegiatan dan pengabdian di Indonesia bagian timur. Makanya kami ingin berkiprah di Indonesia bagian barat juga,” ujarnya dalam pembekalan KKN Tematik Citarum Harum di Kampus C Unair, Minggu (27/5/2018).

Prof Jusuf mengungkapkan sungai Citarum ini panjangnya 297 kilometer dan salah satu sungai terkotor di Tanah Air. Permasalahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum ini tidak hanya Jawa Barat yang terkena dampak tetapi juga DKI Jakarta.

“Dalam KKN Tematik tersebut, mahasiswa akan mengatasi permasalahan yang ada di DAS Citarum. Karena berada di wilayah hulu dan tengah, maka program mahasiswa diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak,” urainya

Fachri Wira Pratama, mahasiswa yang juga ketua kelompok KKN mengungkapkan saat ini ia dan 79 angota kelompokknya baru pembentukan susunan pengurus hariannya. Untuk fokus kerjanya akan berpegang pada poin-poin yang diberikan Kemenristekdikti.

“Jadi kami nanti pasti ada program seperti Reboisasi di daerah Hilir, Program 3 R (Reduce, reuse, recycle), incenerator, jala sampah, sanitasi, kesehatan penduduk dan optimalisasi UKM,”paparnya.

Dri beragam jenis KKN Tematik yang dimiliki Unair, Fachri mengungkapkan KKN Tematik Citarum Harum ini persyaratannya diutamakan untuk mahasiswa yang tinggal di sekitar Bandung dan Jawa barat. Sehingga ia yang berasal dari Bogor memutuskan bergabung.

“Selain itu saya ingin mencoba bagaimana penerapan ilmu saya di bidang Biologi pada permasalahan yang ditemukan nanti. Saya sebagai mahasiswa perantauan asli Jawa barat juga ingin membantu mengembangkan daerah saya,” ujarnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved