Breaking News:

Tak Dapat THR dari Perusahaan? Begini Cara Melaporkannya

Sejumlah organisasi dan LSM berkerjasama menyediakan posko pengaduan, bagi karyawan perusahaan yang tak mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau THR.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Eben Haezer Panca
antara/yusuf nugroho
Ilustrasi, buruh rokok menunjukkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang baru diterimanya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah organisasi dan LSM berkerjasama menyediakan posko pengaduan, bagi karyawan perusahaan yang tak mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau THR.

Di Jawa Timur, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya bekerjasama dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur dan Aliansi Buruh Jawa Timur (ABJ) membuka posko pengaduan THR.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka berharap tidak ada karyawan yang takut untuk melaporkan perusahaan, dalam hal ini berlerilaku tidak adil.

Habibus Shalihin, koordinator posko pengaduan menjelaskan karyawan bisa melaporkan perusahaan yang tidak membayar atau terlambat memberikan THR.

Seperti pengalaman tahun, banyak modus perusahaan tidak membayar THR pada karyawan.

"Modusnya bisa pegawai diberhentikan sebelum lebaran, kemudian setelah hari raya diperkerjakan lagi. Ada yang alasan status pekerja dan mengaku tidak mampu," kata Habibus, Jumat (25/5)

Posko pengaduan rencananya akan dibuka per hari ini, Jumat (25/5) hingga H-3 hari raya Idul Fitri nanti, di tiga tempat sekaligus.

Diantaranya Kantor LBH Surabaya, di Jalan Kidal no 6 Surabaya, Sekretariat DPW FSPMI Jawa Timur beralamat di Ruko Griya Simo Pomahan B-2 Jalan Simo Pomahan Surabaya dan Omah perjuangan terletak di Jalan Berbek industri V Waru, Sidoarjo. 

Tags
THR
Lebaran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved