Berita Kampus Surabaya

Mahasiswa FKM Unair Peringati Hari Tembakau Sedunia, Bikin KTR agar Mahasiswa Paham Aturan Merokok

Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga menggelar acara Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Mahasiswa FKM Unair Peringati Hari Tembakau Sedunia, Bikin KTR agar Mahasiswa Paham Aturan Merokok
surya/danendra kusumawardana
Para mahasiswa FKM Unair berfoto dengan membawa simbol rokok dalam memperingati hari anti tembakau di Kampus C Unair, Jumat (25/5/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat (FKM)  Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Universitas Airlangga menggelar acara Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang tak dirindukan, Jumat (25/5/2018).

Acara digelar di parkiran Danau Kampus C Unair,  Acara ini digelar dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

"Ini cara kami untuk mendukung kawasan tanpa merokok (KTR) khususnya di area kampus," kata Mahesa Arya Muharram, ketua pelaksana.

Dia mengatakan, acara ini menyasar mahasiswa agar lebih memahami tentang peraturan-peraturan merokok yang telah dibuat pemerintah.

Selain itu, mereka menggratiskan masyarakat umum yang ingin mengikuti acara KTR (Kawasan Tanpa Rokok) yang tak dirindukan.

"Sebenarnya KTR sudah diatur di peraturan pemerintah," ujarnya.

Ia mengaku masih banyak mahasiswa yang merokok sembarangan seperti di area fakultas serta di tempat-empat umum di Universitas.

Bercermin dari situlah, Mahesa dan kawan-kawan mahasiswa jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat membuat acara KTR yang tak dirindukan.

"Bukan melarang mahasiswa untuk merokok. tapi, untuk menyadarkan bahwa di area kampus juga semua mahasiswa punya hak untuk menghirup udara bersih," terangnya.

Mahesa menjelaskan bahwa, perokok pasif lebih rentan terkena penyakit dampak dari asap rokok. Sebab, mereka menghirup langsung melalui hidung dan tak dapat dihembuskan keluar. "efeknya bisa langsung merusak organ seperti terserang kanker dan penyakit pernapasan lain," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved