Ramadhan 2018

Alun-alun Sidoarjo Tempat Favorit Untuk Ngabuburit

Bagi sebagian warga Sidoarjo, Alun-alun adalah tempat yang paling favorit untuk ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa.

Alun-alun Sidoarjo Tempat Favorit Untuk Ngabuburit
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Suasana di alun-alun Sidoarjo jelang jam berbuka puasa, Rabu (23/5/2018) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Imam Hambali sibuk memotret istri dan anaknya yang berpose dengan background monumen Jayandaru di alun-alun Sidoarjo, Rabu (23/5/2017) sore.

Menggunakan ponselnya, pria asal Taman itu nampak berulang kali mengambil foto anak dan istrinya tersebut dengan berbagai pose. Sesekali diapun ikut selfie bersama.

Monumen Jayandaru merupakan ikon di alun-alun Sidoarjo yang kerap dipilih oleh masyarakat untuk foto-foto di sana. Sekedar untuk dokumentasi atau diunggah ke media sosial.

Memasuki bulan Ramadan, sudut alun-alun ini juga paling banyak dikunjungi masyarakat. Utamanya ketika sore menjelang waktu berbuka puasa.

Puluhan atau bahkan ratusan warga biasa memilih tempat ini untuk ngabuburit.

"Jalan-jalan saja, sambil menunggu magrib," kata Imam Hambali bersama istrinya, Erlik Fatmawati dan anak mereka yang masih berusia 10 bulan.

Puas berfoto-foto di seputaran Jayandaru, keluarga muda asal Krian ini lantas berjalan keliling ke beberapa taman, tempat bermain, dan sejumlah fasilitas lain di alun-alun.

Begitu mendekati magrib, mereka lantas menyeberang ke Masjid Agung yang berada di sebelah barat alun-alun untuk berbuka puasa sekaligus Salat Magrib.

Saban hari, di masjid tersebut juga disediakan takjil. Artinya, masyarakat yang ngabuburit di alun-alun tidak perlu repot beli makanan untuk berbuka puasa ketika Magrib tiba. Cukup jalan kaki ke masjid.

Tak ayal, hampir setiap hari kawasan alun-alun Sidoarjo selalu ramai dikunjungi warga selama bulan Ramadan ini. Terutama kawasan sekitar Monumen Jayandaru yang berada di pinggir jalan.

"Kalau pas hari libur biasanya malah lebih ramai. Puasa atau tidak puasa sama saja, pas hari libur selalu ramai," sebut Nanik, warga Kota Sidoarjo yang juga kerap berkumpul beberapa rekannya di sekitaran Jayandaru.

Lokasi ini juga kerap jadi ampiran warga yang sedang dalam perjalanan jauh. Tak sedikit, pengguna jalan yang melintas juga berhenti untuk sekedar mampir dan foto-foto di sana.

"Mau ke Surabaya. Mampir dulu sambil istirahat," kata Hadi, seorang pemuda yang dalam perjalanan dari Malang menuju Surabaya bersama beberapa temannya.

Di seputaran Monumen Jayandaru ada beberapa kursi yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana. Dekat dengan taman, tapi pemandangannya langsung dengan jalan raya.

Spot foto dengan background Monumen Jayandaru masih menjadi yang paling favorit di kawasan ini. Padahal, spot lain juga terbilang banyak. Ada Area taman, kawasan permainan, pendopo, masjid agung dan berbagai spot foto lain.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved