Pilkada 2018

Khofifah Janjikan Kemudahan Urus Izin Merek Usaha bagi UMKM lewat Communal Branding

Kendala para pelaku usah kecil dan menengah yang kerap kesulitan untuk mengurus izin merek menjadi perhatian khusus Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah Janjikan Kemudahan Urus Izin Merek Usaha bagi UMKM lewat Communal Branding
surya/fatimatuz zahroh
Khofifah saat blusukan ke Pasar Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jumat (18/5/2018). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Kendala para pelaku usah kecil dan menengah yang kerap kesulitan untuk mengurus izin merek dan identitas produk lokal menjadi perhatian khusus calon gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa.

Pasalnya dalam navigasi program yang ia lakukan selama kampanye, Khofifah kerap mendapat curhatan soal rumitnya mengurus izin identitas usaha dan merk.

Padahal izin merk dan identitas usaha itu penting agar bisa menembus pasar internasional sehingga memberi dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

Karenanya, Khofifah menyiapkan program communal branding agar produk UMKM lokal punya daya jual tinggi.

"Communal Branding menjadi penting karena kalau mereka bersatu dengan brand yang sama maka mereka akan punya bargain untuk menembus pasar yang memang captive," kata Khofifah, Selasa (22/5/2018).

Selama ini, usaha kecil dan menengah masih kesulitan untuk medaftarkan produknya sebagai hak kepemilikan intelektual. Hal tersebut menyebabkan daya jual produk lokal Jawa Timur lebih murah.

Communal Branding, Khofifah menjelaskan, akan difasilitasi oleh pemerintah provinsi.

Nantinya akan ada standar kualitas dan managemen. Tentunya dengan fasilitas pelatihan untuk mengelola pemasaran lebih profesional dari pemprov.

"Butuh koneksi dan proteksi di atara mereka supaya produknya terstandarisasi. Kalau mereka sudah memiliki communal branding, maka bisa dibantu oleh pemprov," jelasnya.

Selanjutnya, pelaku usaha mikro akan difasilitasi pusat informasi super koridor.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved