Berita Blitar

Dinas PMTK-PTSP Kota Blitar Kirim Surat Edaran Pembayaran THR ke Perusahaan, Ini Ketentuannya

Pihaknya akan berkoordinasi dengan provinsi untuk membuka posko pengaduan terkait pembayaran THR di Kota Blitar.

Dinas PMTK-PTSP Kota Blitar Kirim Surat Edaran Pembayaran THR ke Perusahaan, Ini Ketentuannya
antara/yusuf nugroho
Ilustrasi, buruh rokok menunjukkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang baru diterimanya. 

SURYA.co.id | BLITAR - Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMTK-PTSP) Kota Blitar mulai menyosialisasikan pemberian tunjangan hari raya (THR) untuk pekerja ke perusahaan.

Dinas mengirim surat edaran (SE) tentang ketentuan pembayaran THR ke perusahaan.

"Kami sudah membuat SE tentang ketentuan pembayaran THR untuk pekerja. Mulai besok (Rabu), SE itu kami kirim ke perusahaan yang ada di Kota Blitar," kata Kabid Ketenagakerjaan Dinas PMTK-PTSP Kota Blitar, Hari Wahyudi, Selasa (22/5/2018).

Sesuai aturan, perusahaan paling lambat membayarkan uang THR ke pekerja tujuh hari sebelum Lebaran. Semua perusahaan wajib memberikan uang THR ke pekerjanya.

Untuk besar THR, bagi pekerja yang masa kerja lebih setahun mendapatkan satu kali upah. Sedangkan pekerja yang masa kerja di bawah setahun, tetap dapat THR tapi tidak utuh satu kali upah.

Bagi pekerja yang masa kerjanya masih belum genap setahun penghitungan besaran THR-nya yakni masa kerja dikalikan upah lalu dibagi 12 bulan.

"Misalnya masa kerjanya baru tiga bulan berarti penghitungan besaran THR-nya tiga bulan dikalikan satu kali upah lalu dibagi 12 bulan," jelas Hari.

Dikatakannya, pengawasan pembayaran THR ke pekerja sekarang menjadi wewenang Provinsi Jatim.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan provinsi untuk membuka posko pengaduan terkait pembayaran THR di Kota Blitar. Posko pengaduan bisa berada di kantor Dinas PMTK-PTSP.

"Kalau ada pekerja yang belum mendapatkan THR hingga tujuh hari sebelum Lebaran bisa mengadu ke posko. Perusahaan wajib memberikan THR ke pekerjanya," katanya.

Diungkapkan, saat ini ada sekitar 364 perusahaan di Kota Blitar. Dari total itu, jumlah perusahaan besar hanya sekitar 14 perusahaan.

Perusahaan besar ini misalnya pabrik rokok. Selebihnya, hanya perusahaan kecil dan menengah. Perusahaan kecil dan menengah ini rata-rata bergerak di bidang pertokoan dan industri kecil.

Jumlah pekerja di Kota Blitar sendiri mencapai 10.000 orang. Dari total itu, jumlah pekerja pria sebanyak 5.200 orang dan jumlah pekerja perempuan sebanyak 4.800 orang. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved