Citizen Reporter

Mari Mokel Bersama

Ada camilan yang disediakan untuk Mokel. Asupan nutrisi untuk otak itu disediakan agar dinikmati gratis oleh pengunjung Stadion Kanjuruhan.

Mari Mokel Bersama
ist

Beberapa anak muda menenteng tikar ke halaman parkir Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (25/5/2018). Salah satu di antara mereka ada yang membawa kardus besar.

Mereka berjalan diantara lalu lalang pengunjung stadion yang sedang berolahraga. Mereka mengambil tempat di depan pintu masuk utama dan membeber tikar. Ada yang bertugas menyiapkan alas, ada yang bertugas mengeluarkan camilan dari dalam kardus, lalu menata camilan itu agar mudah disantap.

Sekitar pukul 07.00, gerombolan teman-temannya mulai berdatangan. Salah satu di antara mereka ada yang membawa alat permainan. Anak-anak yang menyiapkan alas tadi langsung ikut bergabung untuk bermain.

Lelah bermain, mereka duduk berkumpul menikmati camilan yang telah disediakan. Mereka Mokel bersama.

Pengunjung stadion yang sedang berolahraga heran melihat tingkah anak-anak muda itu. Mereka penasaran dan datang mendekat. Setelah melihat, mereka malah tertarik dan ikut Mokel. Ya, Mokel ketika puasa.

Eits… jangan salah sangka, Mokel ini bukan sembarang mokel karena yang ini tidak akan membatalkan puasa. Mokel berarti Moco Keliling alias Membaca Keliling.

Mokel merupakan salah satu acara yang digagas anak-anak muda dari Persatuan Komunitas Malang Selatan (Perkomas) dalam even Malang Ramadhan Festival 2018 (Marafi). Acara itu mengajak orang-orang untuk berolahraga pagi dan membaca.

Rupanya camilan yang disediakan untuk Mokel adalah buku-buku yang dibawa dari rumah. Mereka sediakan agar dibaca gratis oleh pengunjung Stadion Kanjuruhan.

Marafi merupakan even tahunan yang diselenggarakan setiap Ramadan di wilayah Malang Selatan. Ini tahun kedua.

Zacky, salah satu korlap aksi mengatakan, tujuan mengadakan Marafi adalah untuk mengajak masyarakat agar cinta terhadap buku.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved