Berita Sidoarjo

Lagi, Jalan Porong Tergenang Gara-gara Pompa Rusak

Jalan Raya Porong kembali tergenang air dengan ketinggian 15-20 centimeter meski tak ada hujan mengguyur.

Lagi, Jalan Porong Tergenang Gara-gara Pompa Rusak
surabaya.tribunnews.com/m taufik
kondisi jalan raya Porong yang tergenang air akibat pompa drainase di sana rusak, Minggu (20/5/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kali kesekian, jalan Raya Porong tergenang air dengan ketinggian 15-20 centimeter meski tak ada hujan mengguyur.

Kali ini air menggenang sampai sekitar 200 meter sepanjang jalan yang berada di pinggir tanggul lumpur Lapindo, Minggu (20/5/2018).

"Ada genangan sejak Minggu pagi tadi. Tapi tidak tahu air dari mana, wong sebelumnya juga tidak ada hujan sama sekali," kata Adi Prasetyo, seorang pengguna jalan yang sedang melintas di sana.

Air menggenang di sisi timur jalan, sama seperti peristiwa serupa yang sudah beberapa kali terjadi sebelumnya.

Akibatnya, pengguna jalan dari Utara atau dari arah Sidoarjo menuju Malang harus memilih jalan di tengah atau bagian kanan.

"Kalau di pinggir kiri kemungkinan malah mogok. Makanya kebanyakan pilih jalur kanan, utamanya pengendara motor," sambung pria asal Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo tersebut.

Demikian halnya disampaikan Fathoni, warga Porong yang mengaku heran dengan kejadian ini. Berulangkali, dia melihat banjir terjadi di jalan Porong meski tak ada hujan.

"Jalan di sini juga sering rusak. Nah, kalau ada genangan air kan bahaya karena lubang tidak terlihat," keluh pria yang hampir setiap hari melintas di jalur tersebut.

Sama seperti peristiwa serupa yang terjadi sebelumnya, air menggenang hanya di jalan sisi timur. Sementara sisi barat atau arah Malang menuju Sidoarjo sama sekali tidak ada genangan.

Terpisah, Hengki Listria Adi, Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menyampaikan bahwa air yang menggenang berasal dari drainase di sisi timur jalan.

Air dari drainase itu biasa dialirkan dengan cara dipompa. Nah, saat ini ada dua pompa yang rusak. "Empat pompa kami yang berada di dua lokasi rusak," kata Hengki.

Empat pompa itu dua unit diletakkan di pintu tol Sidoarjo. Sedangkan dua pompa lagi berada di titik 71 di Desa Ketapang, Kecamatan Porong, Sidoarjo.

"Petugas masih memperbaiki pompa air yang rusak itu. Kami belum bisa memastikan kapan pembenahan itu tuntas karena Kami harus membeli komponen mesin," sambungnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved