Bom Surabaya

Usai Dibom, Gedung Gereja Santa Maria Diperbaiki, Besok Rabu Bisa Dipakai Ibadah

Namun peristiwa ini tak akan menyurutkan niat umat untuk datang ke gereja dan beribadah di sana.

Usai Dibom, Gedung Gereja Santa Maria Diperbaiki, Besok Rabu Bisa Dipakai Ibadah
surya/sudharma adi
Gereja Santa Maria Tak Bercela di Ngagel, Surabaya, Selasa (15/5/2018), sedang direnovasi paska pemboman yang terjadi, Minggu (13/5/2018) lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Paska bom yang mengguncang tiga gereja, termasuk Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela (SMTB), pembenahan dan perbaikan gereja tetap dilaksanakan. Proses perbaikan tengah berjalan, sehingga gereja ini akan kembali dibuka pada Rabu (16/5/2018) besok.

Pengurus Badan Gereja Katolik Paroki (BGKP) Keuskupan Surabaya, Laurensius, menuturkan setelah kejadian pengeboman pada Minggu (13/5/2018) pagi, kerusakan yang paling parah adalah pada pos penjaga dan kaca-kaca gedung yang retak dan pecah.

Usai evakuasi jasad dan pembersihan potongan tubuh korban dan pelaku, perbaikan bagian gedung dilakukan sejak Minggu malam.

“Sejak Minggu malam sudah pembersihan,” paparnya di lokasi, Selasa (15/5/2018).

Beberapa kaca retak yang ada di gedung depan itu juga ikut dihancurkan supaya tak membahayakan umat yang masuk ke dalam gereja.

Begitu juga pos jaga yang hancur karena bom dan menyisakan pondasi, juga mulai dibenahi. Proses perbaikan bagian gedung ini berjalan hingga saat berita ini ditayangkan.

“Kalau gedung gereja, tak ada kerusakan berarti. Kami berharap besok (Rabu) perbaikan bisa tuntas, sehingga pada Sabtu dan Minggu nanti bisa dipakai misa,” tuturnya.

Mengenai trauma umat pasca pengeboman, dia mengakui bahwa rasa itu pasti ada. Kesedihan juga masih menggelayuti umat Katolik di SMTB.

Namun peristiwa ini tak akan menyurutkan niat umat untuk datang ke gereja dan beribadah di sana.

“Kami harus tetap tabah dan move on,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved