Berita Pasuruan

Ini Pesan Jokowi Untuk Program Yang Digagas HIPMI

Presiden Joko Widodo meresmikan program Pesantrenpreneur yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ponpes Bayt Al-Hikmah

SURYAOnline/Galih Lintartika
Presiden Joko Widodo saat berada di Ponpes Bayt Al-Hikmah, Kota Pasuruan, Sabtu (12/5/2018). 

SURYA.co.id | PASURUAN  - Presiden Joko Widodo meresmikan program penguatan ekonomi umat berbasis pesantren atau Pesantrenpreneur yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ponpes Bayt Al-Hikmah, Kota Pasuruan, Sabtu (12/5/2018) sore.

Peluncuran program itu ditandai dengan peresmian Umat Mart (Ummart), gerai ritel yang didesain sebagai sarana penjualan produk pesantren dan UMKM sekitar pesantren. Sekitar 9.000 undangan yang terdiri atas kiai dan santri menyaksikan peluncuran program tersebut.

Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menperin Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sektetaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jatim Soekarwo. Tampak pula Ketua HIPMI Pusat Bahlil Lahadalia dan Ketua HIPMI Jatim Mufti Anam.

Jokowi menyambut antusias upaya pengembangan ekonomi umat tersebut. Menurut dia, kewirausahaan pesantren perlu terus ditumbuhkan untuk mengakselerasi kesejahteraan umat.

“Saya memberikan apresiasi kepada HIPMI, khususnya HIPMI Jatim. Ide seperti ini harus terus didukung dan diperhatikan. Pesanteen di seluruh Indonesia harus ada Ummart, harus memiliki ritel modern dengan manajemen yang baik,” ujarnya.

“Ekonomi umat harus maju, mandiri, berdaya saing yang tinggi,” imbuh Jokowi.

Jokowi juga kembali memperkenalkan Bank Wakaf Mikro yang didedikasikan untuk membantu pembiayaan usaha-usaha yang berbasis pesantren dan keumatan.

"Saya berharap, semoga program ini bisa membawa pesantren untuk tumbuh dan berkembang. Bisa mendongkrak perekonomian pesantren yang ada di Indonesia. Di Indonesia pesantren totalnya 30 ribu lebih, semoga program bisa diterapkan di seluruh pesantren agar bisa berkembang semua," tutupnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved