Berita Pasuruan

Dalam 2 Tahun, Jumlah TKA di Kabupaten Pasuruan Meningkat 50 Persen, Ini Kata Disnaker

Selama dua tahun terakhir, jumlah TKA di Kabupaten Pasuruan hampir bertambah 50 persen.

Dalam 2 Tahun, Jumlah TKA di Kabupaten Pasuruan Meningkat 50 Persen, Ini Kata Disnaker
azernews
ilustrasi tenaga kerja asing 

SURYA.co.id | PASURUAN - Keberadaan tenaga kerja asing (TKA) di Kabupaten Pasuruan terus meningkat. Kabupaten Pasuruan seolah menjadi tempat berkumpulnya TKA.

Hal itu dibuktikan dengan terus bertambahnya izin yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selama dua tahun terakhir, jumlah TKA di Kabupaten Pasuruan hampir bertambah 50 persen.

Sejak 2016 lalu, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan mengeluarkan izin sebanyak 316 tenaga kerja asing. Rinciannya, sebanyak 153 orang dari Jepang, 55 dari Korsel, 53 dari Cina, 29 dari Jerman, 26 dari Taiwan.

Sedangkan pada 2017, jumlah TKA itu meningkat.

"Sejak tahun lalu, kami mengeluarkan ijin kerja terhadap 540 TKA. Dengan rincian, 219 orang dari Jepang, 120 dari Korsel, 109 dari Cina, 50 dari Jerman dan 42 dari Taiwan," ungkap Sekretaris Disnaker Kabupaten Pasuruan, Agus Hernawan, Jumat (11/5/2018).

Lebih lanjut, Agus juga menjelaskan, sebagian besar TKA bekerja di perusahaan penanaman modal asing (PMA) di kawasan PIER.

Banyaknya TKA asal Jepang dan Korsel, kata Agus, memang merupakan hal yang lumrah. Mengigat sebagian besar perusahaan PMA di Pasuruan juga dari dua negara tersebut.

Selain itu, keberadaan TKA selama ini lebih banyak menempati level manajemen dalam setiap perusahaan.

"Apabila mengacu pada izin yang kami keluarkan, TKA itu bekerja di level atas perusahaan. Posisinya seperti manajer atau direktur," ungkap Agus.

Untuk tahun ini, Agus belum dapat membeberkan jumlah TKA yang telah tercatat. Ia mengaku, data mutakhir yang dijadikan acuan yakni sesuai pengeluaran izin pada 2017.

Sedangkan untuk tahun ini, baru dapat diketahui akhir tahun mendatang. Di sisi lain, Agus juga mengaku pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap TKA di Kabupaten Pasuruan.

"Setiap tahunnya memang demikian. Kami rutin pengawasan. Juga menghimpun laporan dari perusahaan apabila ada penambahan atau perpanjang izin kerja TKA yang dipekerjakan," ujarnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved