Breaking News:

Berita Surabaya

Para Pemilik Warkop Belajar Racik Kopi bersama Trainer Barista, begini Cara Mudah Kenali Jenis Kopi

Puluhan pemilik warung kopi Surabaya dan Sidoarjo belajar managemen bisnis dan cara meracik kopi, dari seorang barista.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Parmin
surya/ahmad zaimul haq
RACIK KOPI - Anggota Komisi X DPR RI Arzetti Bilbina hadir dalam Workshop Pengembangan Usaha Kedai Kopi oleh Bekraf di Kedai27 Jl Kayoon Surabaya. Acara ini diikuti puluhan pemilik warung kopi Surabaya dan Sidoarjo, Kamis (10/5/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan pemilik warung kopi Surabaya dan Sidoarjo, terlihat asyik mendengar materi managemen bisnis dan cara mengenal dan meracik kopi, dari seorang barista terkenal.

Mereka tampak antusias di acara Workshop Pengembangan Usaha Kedai Kopi oleh Bekraf, mengingat selama ini hanya menjual kopi sachet dan kopi bubuk hitam seadanya.

"Jadi nggak ngerti apa itu kopi arabika, robusta, dan camam-macam kopi lainnya. Tapi tadi sempat dijelaskan jenis dan cara mengolahnya, jadi jual kopi nggak cuma itu-itu saja apalagi di Indonesia ini produsen kopi di Indonesia cukup besar," jelas Nur Hasan (24) pemilik warung kopi di Sidoarjo, yang mengikuti acara, Kamis (10/5).

Acara berlangsung di Kedai 27 Kayoon ini pun kedatangan barista profesional. Di antaranya Ade Irzal, Profesional Trainer Barista, Alfiansyah MF, Profesional Barista bersertifikat Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP), Mayang Gita Kusuma, dan Arzeti Bilbiba, Anggota Komisi 10 DPR RI.

Zafitra Indra, Staf Direkotrat Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), menjelaskan sebenarnya kegiatan ini menginisasi pemuda untuk mengenal lebih dalam tentang kopi. Baik managemen atau penguasaan skil mengolah kopi.

Harapannya setelah pelatihan ini tercipta lapangan pekerjaan baru, sekaligus membuat kedai-kedai kopi di Surabaya dan Sidoarjo beralih dari kopi sachet ke kopi hasil pertanian Indonesia.

"Apalagi sekarang, kopi bukan hanya menjadi materi konsumsi tapi jadi gaya hidup. Jadi kegiatan ini benar-benar ingin menyiapkan para pemilik warung kopi agar bisa menyikapi pasar yang sudah mulai berkembang," jelas Indra.

Aldiansyah, salah satu pemateri memberikan sedikit pengetahuan dasar tentang kopi bagi para pemilik warung kopi itu.

“Yang penting diketahui adalah jenis kopinya. Karena sebelum menyajikannya kepada konsumen, penjual harus tahu dulu kopi apa yang disajikan,” kata Aldi berbagi pengetahuan dasar.

Untuk membedakan robusta dan arabika, lanjut Aldi cukup mudah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved