Pilkada 2018

Rombongan Gus dari 11 Pondok Besar Jatim Nyatakan Dukungan untuk Khofifah, Ini Alasannya

Para Gus ini menyatakan dukungan pada pasangan cagub cawagub nomor urut 1 yaitu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Rombongan Gus dari 11  Pondok Besar Jatim Nyatakan Dukungan untuk Khofifah, Ini Alasannya
surya/fatimatuz zahro
Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Zahrul Jihaf, bersama rombongan para gus dari 11 ponpes di Jatim menyatakan dukungan untuk paslon calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak, saat di Hotel Pesonna, Gresik, Selasa (8/5/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Ada yang menarik dalam acara Silaturahmi Pegiat Koperasi dan UMKM, Militan Jatim 1, bersama Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa, di Hotel Pesonna, Kota Gresik, Selasa (8/5/2018).

Di forum tersebut, ternyata juga dihadiri oleh rombongan Gus dari sebelas pondok pesantren (pones) besar di Jawa Timur.

Para Gus ini menyatakan dukungan pada pasangan cagub cawagub nomor urut 1 yaitu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Uniknya, para rombongan gus ini belum lama adalah pendukung dari pasangan cagub dan cawagub nomor urut 2, yaitu Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno.

Mereka menyatakan berbalik memberikan dukungan untuk Khofifah-Emil dengan alasan pasangan calon nomor urut 1 lebih paham permasalahan Jawa Timur dan punya solusi yang tepat untuk mengatasinya.

"Kami mendukung Bu Khofifah setelah melihat debat pertama, saya rasa masyarakan Jatim semakin cerdas. Memang katanya banyak jumhur ulama mendukung paslon 2. Tapi kami yang muda juga punya hak untuk punya pilihan dan pendapat lain, dalam debat sudah terlihat Khofifah lebih menguasai materi," kata Gus Zahrul Jihad dari Ponpes Darul Ulum Jombang ini.

Pria yang juga kakak dari Gus Zahrul Azhar Asas ini mengatakan sebelas ponpes yang kini beralih dukungan untuk Khofifah berasal dari banyak daerah di Jawa Timur. Ada yang dari Banyuwangi, Magetan, Kediri, Ngawi, dan juga Lumajang.

"Kami memang aspirasi para gus tapi kami ini adalah gerakan kultural. Ini baru sebelas ponpes, namun saya yakin akan terus bertambah," ujarnya.

Meski berbalik dukungan, bukan berati mereka tidak akan all out memenangkan Khofifah-Emil. Rombongan para Gus ini bakal total menggalang suara untuk Khofifah-Emil.

Mereka akan memaksimalkan jaringan alumni untuk bisa memberikan dukungan untuk Khofifah Emil.

"Selain itu figur Emil kami rasa sangat kuat. Kalau bicara NU, maka grass root. Nah Emil kuat sekali, tapal kuda ini yang Emil yang bisa," katanya.

Sebagai pengelola ponpes, rombongan para gus ini memiliki titipan program untuk madrasah diniyah (madin). Menurutnya saat ini madin Jatim sudah bagus.

"Kalau bicara madin, pelaku sejarahnya adaah Pakde Karwo, sekarang Pakde Karwo sudah bersama Khofifah, maka sempurnalah," pungkas Gus Zahrul Jihad.

Aliran dukungan dari para gus ini ditanggapi langsung oleh Khofifah yang juga hadir di forum tersebut. Ia berharap dukungan para gus ini bisa berseiring untuk memenangkan Khofifah Emil.

"Nanti gawagis (sebutan jamak untuk gus), akan tahu siapa yang paling militan mendukung pencalonan Gus Dur menjadi presiden RI, dan siapa yang mengurus pencalonan Megawati sebagai cawapres, hanya saya yang bisa cerita karena saya pelaku sejarahnya," kata Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved