Berita Kediri

PTPN X Latih Petani Tebu Generasi Milenial Kediri, Ini Tujuannya

Diharapkan dengan keterlibatan generasi muda yang mempunyai kreatifitas semua potensi industri tebu dapat dimanfaatkan.

PTPN X Latih Petani Tebu Generasi Milenial Kediri, Ini Tujuannya
surya/didik mashudi
Dirut PTPN X Dwi Satriyo Annurogo,ST,MT bersama peserta pelatihan petani tebu rakyat generasi milenial yang diselenggarakan PTPN X di Hotel Insumo, Kota Kediri, Senin (7/5/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Upaya kaderisasi petani tebu rakyat dilakukan PTPN X dengan memberikan pelatihan kepada generasi milenial. Pelatihan diikuti perwakilan petani muda dari seluruh wilayah kerja PTPN X di Hotel Insumo, Senin (7/5/2018).

Seluruh peserta pelatihan rata-rata berusia sekitar 30 tahun. Peserta mendapatkan materi potensi dan peluang bisnis tebu, budidaya tebu, inovasi penelitian tebu, mekanisasi pertanian dan mengunjungi lahan HGU Jengkol.

Pelatihan petani tebu rakyat generasi milenial ini dibuka Dirut PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo. Peserta mendapatkan materi dari Ketua DPD APTRI Jatim H Mubin dan pengurus APTRI PG Pesantren Muhammad Heru.

Dwi mengatakan industri gula membutuhkan sentuhan dan perhatian generasi muda.

"Beberapa kali kami bertatap muka dengan petani tebu, rata-rata usianya generasi yang senior sehingga kita perlu proaktif menggerakkan generasi muda," ungkapnya.

Diharapkan dengan pelatihan mampu menggerakkan minat generasi muda kalau berusaha di perkebunan tebu sangat membanggakan.

"Di perkebunan tebu banyak peluang, apalagi sekarang ada mekanisasi," ungkapnya.

Dijelaskan, masih banyak potensi yang belum digali dari industri tebu. Diharapkan dengan keterlibatan generasi muda yang mempunyai kreatifitas semua potensi industri tebu dapat dimanfaatkan.

"Rendemen 8-9 dapat kita dapatkan kalau ada kesatuan pandang yang baik soal varietas tebu, budidaya, pupuk serta perbaikan dan efisiensi biaya produksi," ungkapnya.

Dalam pelatihan juga disampaikan materi budidaya membuka lahan baru tanaman tebu. Sehingga masih ada peluang melakukan intensifikasi perluasan lahan melalui kerja sama dan sewa lahan.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved