Berita Jember

Bukit Samboja Jember, Keindahan Sunset Tersembunyi di Selatan Jawa

Sekitar 38 km arah selatan dari pusat Kabupaten Jember, Jawa Timur Anda bisa menemukan Bukit Samboja.

Bukit Samboja Jember, Keindahan Sunset Tersembunyi di Selatan Jawa
surya/erwin wicaksono
Menikmati sunset di Bukit Samboja Jember. 

SURYA.CO.ID | JEMBER - Betapa indahnya panorama sunset, cahaya merah keemasan muncul menjadi pertanda matahari mulai lengser dan sore hari akan menyapa, sebelum kegelapan malam tiba. Keindahan tersembunyi tersebut bisa Anda temukan di Bukit Samboja, Jember.

Sekitar 38 km arah selatan dari pusat Kabupaten Jember, Jawa Timur Anda bisa menemukan Bukit Samboja. Bukit ini termasuk salah satu bukit yang terdapat di area pantai Payangan, dan bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo.

Indahnya Samudra Hindia terlihat sangat nyata di depan mata. Bersambut dengan angin sepoy-sepoy sore hari, semakin menambah "romantisme" alam ketika pengunjung menapakkan kedua kakinya di atas Bukit Samboja.

Untuk menuju Bukit Samboja cukup mudah, kondisi jalanan sudah baik. Namun ketika menaiki Bukit Samboja anda harus menyiapkan fisik yang prima, kemiringan bukit lumayan menguras fisik dan anda akan disambut jalanan berbatu. Sebaiknya menggunakan sandal gunung atau sepatu gunung.

Begitu sampai di atas bukit, hamparan luas menyambut anda bertabur suara hempasan ombak menabrak bukit.

Pantai Papuma dan Pulau Nusa Barong tampak terlihar sangat elok di atas bukit. Momen yang ditunggu sudah semakin dekat, matahari sudah mulai tenggelam.

Di situlah klimaks keindahan Bukit Samboja benar-benar tampak, cahaya merah khas sunset berbalut sejuknya angin sore khas pantai membuat anda seakan tidak mau beranjak dari indahnya sore.

Tidak sampai disitu, bahkan ketika matahari terbenam pun bias cahaya matahari berwarna jingga menghiasi langit-langit Bukit Samboja, sungguh tidak terlupa.

Bukit Samboja merupakan tempat wisata yang masih dikelola warga sekitar dan baru dibuka ketika 2011.

"Ini masih dikelola warga sendiri mas, jadi bukit ini resmi dibuka ya tahun 2011, awalnya dulu banyak pengunjung sering jatuh atau terpeleset ketika mau ke bukit, kita berinisiatif bangun jalan memperbagus jalanan ketika ke bukit nah dari situ kita mulai kelola," terang Handoko warga sekitar yang jadi pengelola Bukit Samboja.

Keindahan Bukit Samboja diakui wisatawan menjadi sebuah keindahan tersembunyi yang pernah ia temukan.

"Bagus sekali, sunsetnya terlihat jelas, seakan menemukan keindahan yang tersembunyi saya mas." takjub Handi wisatawan asal Bandung.

Untuk dapat memasuki Bukit Samboja, anda cukup memberi kontribusi sebesar Rp 10 ribu, biaya tersebut sudah tersebut sudah termasuk biaya masuk dan parkir. Murah sekali bukan? Tunggu apalagi, nikmat soremu di Bukit Samboja, Jember

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved