Berita Blitar

Program PTSL Tak Kunjung Jalan, Warga Desa Jiwut Blitar Tuntut Hal Ini

Kades sempat menemui para warga, namun Kasbuloh tetap enggan memberikan tanda tangan pembentukan Pokmas.

Program PTSL Tak Kunjung Jalan, Warga Desa Jiwut Blitar Tuntut Hal Ini
surya/samsul hadi
Puluhan warga Desa Jiwut menggeruduk kantor desa setempat meminta kejelasan program PTSL ke kepala desa, Rabu (2/5/2018). 

SURYA.co.id | BLITAR - Sejumlah warga Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, menggeruduk kantor desa setempat, Rabu (2/5/2018). Aksi warga ini untuk meminta kejelasan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di desa tersebut ke kepala desa (kades).

Kedatangan warga ke kantor desa untuk menemui Kades Jiwut, Kasbuloh. Warga meminta kades segera menandatangani pembentukan kelompok masyarakat (Pokmas) untuk menjalankan program PTSL.

Warga menganggap program PTSL di Desa Jiwut terhambat karena kades tidak mau menandatangani pembentukan Pokmas.

"Sudah satu bulan ini kami menunggu tanda tangan dari kades untuk pembentukan Pokmas, tapi tidak juga ditandatangani. Alasannya, kades takut terjerat masalah hukum kalau tanda tangan. Makanya kami ramai-ramai datang ke kantor desa untuk meminta tanda tangan," kata koordinator aksi, Jalu Utama.

Saat warga datang ke kantor desa, Kades Jiwut, Kasbuloh, ada di lokasi. Kades sempat menemui para warga, namun Kasbuloh tetap enggan memberikan tanda tangan pembentukan Pokmas.

Hal itu membuat para warga emosi. Warga berteriak-teriak di balai pertemuan kantor desa. Warga terus mendesak kepala desa agar menandatangani pembentukan Pokmas.

Suasana di lokasi menjadi panas. Polisi yang diterjunkan ke lokasi berusaha menenangkan warga.

"Kami hanya meminta kejelasan dan percepatan program PTSL di Desa Jiwut. Tapi mereka (perangkat desa) tidak mau memberi informasi yang terbuka," ujar Jala Utama.

Suasana kembali tenang setelah Camat Nglegok, Agus Zaenal, datang ke kantor Desa Jiwut. Agus Zaenal mengajak diskusi warga.

Agus juga menjamin program PTSL di Desa Jiwut akan berjalan lancar. Dia akan meminta desa untuk membantu percepatan pendaftaran program PTSL.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved