Citizen Reporter

Daun Sirih Merah untuk Luka Bakar

Jangan hanya menyentil anak muda yang dianggap nggak bener. Anak-anak muda yang ini harus diapresiasi karena inovasinya istimewa.

Daun Sirih Merah untuk Luka Bakar
ist

Ada ide cemerlang di balik otak anak muda. Itu yang membuat Benny Chandra Monacho founder Aku Indonesia Association (AKIA) tidak ingin melewatkan kesempatan membuat even yang berlandaskan ide dan semangat kreatif pemuda yaitu Indonesia International Invention Festival (I3F).

I3F menjadi ajang pertama AKIA. Itu festival inovasi yang meliputi bidang kesehatan, lingkungan, kecantikan, pendidikan, budaya, dan teknologi.

Acara yang diselenggarakan di Malang, 18-21 April 2018 itu, diikuti lebih dari 70 tim dengan total peserta invensi (inventor) hampir 300 orang. Terdapat juga peserta lomba poster dari luar negeri seperti Romania, USA, Inggris, Malaysia, Tiongkok, dan Taiwan. I3F ini diikuti peserta siswa SD sampai dengan mahasiswa dengan usia 7-30 tahun.

Pada hari pertama diadakan acara press conference,welcoming party, dan talk show di Ngalup.co working space Malang. Sementara hari kedua bertempat di aula Pertamina Polinema dilaksanakan pameran dari karya para inventor. Di sana inventor mengikuti proses penjurian. Ada enam juri, salah satunya Mr Jasmine Simon dari Singapura.

“Saya bangga akan ide-ide para pemuda,” katanya. Ia terpukau dengan semangat mereka.

Tidak berhenti sampai di situ, para inventor juga harus masih melakukan presentasi di hari ketiga di Gedung MIPA Center Universitas Brawijaya. Nilai presentasi para peserta akan diakumulasi dengan perolehan nilai rate poster di Instagram @aku.indonesiaassociation untuk mendapatkan gelar pemenang favorit.

Malam puncak penganugerahan juara I3F dilangsungkan di Regents Park Hotel setelah peserta selesai oral presentasi. Dimeriahkan paduan suara FMIPA Cientifico Choir, acara malam puncak penganugerahan semakin menghibur.

Dalam ajang ini terdapat beberapa penghargaan yang diberikan mulai dari medali perunggu, perak, dan emas, special award dari INNOPA, Eco Bisnis Indonesia, Dekan FMIPA Universitas Brawijaya, dan AKIA.

AKIA Award berhasil diraih mahasiswa UGM dengan judul penemuan mereka Swara Kewan. Siswa SD Syaitullah Medan berhasil menggondol medali emas dan juara favorit dengan ide memanfaatkan daun sirih merah dan bee wax untuk penyembuh luka bakar. Sementara itu, konsep ramah lingkungan memanfaatkan limbah daun pandan dari canang karya SMAN 3 Denpasar berhasil membawa pulang medali perak.

Ajang sekaligus untuk berdiskusi dan menjalin relasi antarpeserta. Selain itu, panitia ingin memperkenalkan wisata Indonesia. Itu sebabnya, pada hari terakhir para peserta diajak berwisata berkeliling Malang Raya, mulai dari Museum Mpu Purwa, wisata kuliner di Wakul, Taman Selecta, dan Pusat Oleh-oleh De Duwa.

Yosef Infan Chandra
Guru Matematika Permata Jingga Global School Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved