Berita Tuban

Siap Turun Aksi Saat May Day, ini 7 Tuntutan Para Buruh di Tuban

Ratusan buruh Federasi serikat pekerja metal Indonesia Tuban akan unjuk rasa memperingati hari buruh, Selasa (1/5). Ini tuntutan mereka

Siap Turun Aksi Saat May Day, ini 7 Tuntutan Para Buruh di Tuban
surya/galih lintartika
Ilustrasi - Ribuan buruh di Pasuruan peringati Hari Buruh Internasional atau May Day, Senin (1/5/2017). 

SURYA.co.id | TUBAN - Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi serikat pekerja metal Indonesia (FSPMI) Tuban akan melakukan unjuk rasa memperingati hari buruh, Selasa (1/5/2018).

Dalam aksi tersebut, serikat pekerja akan membawa sejumlah tuntutan.

Diantaranya, Tolak upah murah dengan mencabut PP nomor 78 tahun 2017 tentang pengupahan, Turunkan tarif dasar listrik dan bangun kedaulatan pangan dan energi, Tolak TKA Unskilled dan cabut Prepres RI nomor 20 tahun 2018, Hapus sistem kerja outsourcing, Hapus disparitas upah di Jawa timur, Mendesak Bupati merekomendasikan UMSK di Kabupaten Tuban, dan Sejahterakan guru honorer.

"Ya kami akan membawa tujuh tuntutan pada aksi buruh besok," kata ketua FSPMI Tuban, Duraji kepada Surya, Senin (30/4/2018).

Adapun alasan yang melatarbelakangi sejumlah tuntutan tersebut adalah melihat kondisi tenaga kerja yang kurang mendapat kesejahteraan, sampai sekarang.

Sehingga, dengan adanya kondisi tersebut membuat FSPMI membawa sejumlah aspirasi.

"Ya aspirasi atau tuntutan ini setelah dikaji oleh FSPMI, muncullah tujuh tuntutan. Besok akan kita sampaikan saat aksi," pungkasnya.

Baca: Buruh di Tuban Akan Aksi Hari Buruh. Ini Rute yang Akan Mereka Lalui

Berdasarkan surat aksi dari FSPMI yang dilayangkan ke Polres Tuban, aksi besok melibatkan kurang lebih 500 peserta.

Titik aksi dimulai dari Lapangan Desa Sambungrejo, Kecamatan Merakurak, menuju pertigaan Desa Sumberarum Kecamatan Kerek, kemudian menuju pertigaan pasar Glondonggede, lanjut ke Rest area.

Sesampai di Rest area, kemudian menuju bundaran patung Letda Sucipto, menuju jalan kembang ijo, lalu ke pertigaan samudra swalayan, lanjut perempatan Tridarma, kemudian Jalan KH Agus Salim, kemudian menuju alun-alun dan berorasi di depan kantor Pemkab Tuban.

Usai berorasi, massa kemudian akan longmarch menuju jalan veteran, jalan Basuki Rahmat, jalan pemuda, perempatan sumur Srumbung dan kembali lagi ke alun-alun kemudian membubarkan diri.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved