Pilkada 2018

Blusukan ke Kebun Nanas di Kediri, Gus Ipul Gagas Program BUMD Pangan

Calon Gubernur Jawa Timur, Gus Ipul bersilaturrahmi dan dialog bersama nanas di Desa Manggis, Kecamatan Mancar, Kediri, Senin (30/4/2018).

Blusukan ke Kebun Nanas di Kediri, Gus Ipul Gagas Program BUMD Pangan
surya/bobby constantine koloway
Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melakukan silaturrahmi dan dialog bersama dengan petani nanas Di Desa Manggis, Kecamatan Mancar, Kediri, Senin (30/4/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melakukan silaturrahmi dan dialog bersama dengan petani nanas di Desa Manggis, Kecamatan Mancar, Kediri, Senin (30/4/2018).

Tak cukup dengan berdialog, kandidat yang berpasangan dengan Cawagub, Puti Guntur Soekarno ini juga menyempatkan blusukan untuk meninjau produk nanas di daerah ini.

Di bawah terik matahari yang menyengat ubun-ubun, Gus Ipul tak segan terjun langsung ke tengah sawah. Ia didampingi oleh petani dan juga pedagang nanas di daerah setempat.

Dari diskusi bersama petani dan juga pedagang tersebut, terungkap bahwa masalah yang dihadapi petani nanas di antaranya terkait harga nanas.

Berdasarkan penjelasan Hendro Pujiastoko, Ketua Asosiasi Nanas Kediri, produk nanas setempat terbagi atas empat varietas.

Masing-masing varietas memiliki rentan harga yang berbeda. Untuk grade A sebagai varietas teratas dijual seharga Rp3300. Sementara untuk grade B dan C masing-masing dijual dengan harga Rp1800 dan 1200.

"Sementara untuk grade terendah, grade D, dijual dengan harga Rp600," ujar Hendro, Senin (30/4/2018).

Untuk mampu bersaing dengan kulitas nanas dari luar provinsi maupun luar negeri (impor), petani setempat telah membuat inovasi untuk menciptakan varietas baru.

Ahmad Nuruddin, pedagang sekaligus petani nanas setempat mendorong peran pemerintah untuk menjaga harga nanas agar tidak jatuh.

Sebab, apabila dari sisi kualitas, nanas dari Kediri mampu bersaing dengan produk impor dengan menjangkau pabrik di Jakarta bahkan hingga bisa menjangkau pasar ekspor.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved