Pilkada 2018

Selisih Elektabilitas Gus Ipul dan Khofifah Beda Tipis. Bagaimana Peluang Keduanya?

Selisih elektabilitas antara Gus Ipul dengan Khofifah di Pilgub Jatim beda tipis. Bagaimana kira-kira peluang keduanya?

Selisih Elektabilitas Gus Ipul dan Khofifah Beda Tipis. Bagaimana Peluang Keduanya?
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Lembaga survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei dalam rangka mengukur dinamika perilaku pemilih menjelang Pilgub Jatim 2018 kali ini, Jumat (27/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lembaga survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei dalam rangka mengukur dinamika perilaku pemilih menjelang Pilgub Jatim 2018 kali ini, Jumat (27/4/2018).

Hasilnya, elektabilitas kedua paslon hanya terpaut selisih kurang dua persen.

Pasangan calon gubernur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak memperoleh perolehan 41.1 persen. Sementara, pasangan nomor urut dua, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno tertinggal kurang dari dua persen dengan 39,2 persen.

Masih kecilnya selisih di antara keduanya, membuat potensi kemenangan masing-masing calon masih dama besar.

Direktur utama SSC, Mochtar W. Oetomo, menyebut kunci kemenangan kini ada di perebutan suara yang belum menentukan pilihan (undecided voters).

Berdasarkan survei tersebut angka undecided voters masih sangat tinggi.

"Masih di angka 19.7 persen pada bulan April 2018. Meskipun telah turun 10 persen dibanding survei sebelumnya," ujar Mochtar, Jumat (27/4/2018).

Apabila besaran angka swing voters dilimpahkan semuanya kepada Gus Ipul - Puti maka akan menguntungkan Gus Ipul dengan perbandingan 41.1 persen - 58.9 persen.

Sebaliknya, apabila suara ini dilimpahkan ke Khofifah-Emil, maka kemenangan akan beralih ke pasangan ini. Termasuk, apabila suara ini dibagi rata, maka masih menguntungkan pasangan Khofifah-Emil dengan presentase 50.95 - 49.05.

"Mengingat popularitas Khofifah dan Gus Ipul yang sudah diatas 90 persen, artinya yang memungkinkan untuk memainkan peran merebut angka undecided voters adalah wakil dari keduanya, yaitu Mas Emil dan Mba Puti," ucap Mochtar.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved