Berita Tuban

Cari Bukti Bentangan Jembatan Widang yang Hanyut, Polres Tuban dan BBPJN Minta Bantuan Pertamina

Rencananya, pengangkatan akan meminta bantuan dari tim penyelam Pertamina, karena dibutuhkan pengelasan di air.

Cari Bukti Bentangan Jembatan Widang yang Hanyut, Polres Tuban dan BBPJN Minta Bantuan Pertamina
surya/m sudarsono
Kondisi jembatan Widang setelah material dievakuasi, Jumat (27/4/2018). 

SURYA.co.id | TUBAN - Polres Tuban dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) akan melakukan metode penyelaman untuk mengangkat barang bukti Jembatan Widang-Babat yang hanyut di dasar sungai.

Pengangkatan material yang hanyut itu diperlukan sebagai barang bukti penyidikan, karena untuk mengetahui kejadian semestinya yang menyebabkan jembatan ambrol.

Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Iwan Hari Purwanto, mengatakan barang bukti yang dibutuhkan untuk penyidikan labolatorium forensik (Labfor) Polri hanyut, saat jembatan sedang dievakuasi.

Hanyutnya dua bentangan jembatan itu tentu menghambat proses penyidikan, karena penyidik membutuhkan bahan material secara lengkap untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya.

Meskipun sebagian barang bukti yang ada di jembatan bagian atas sudah diamankan.

"Ya sebagian sudah diamankan, tapi sebagian lagi hanyut, ini yang kami cari," ujar Iwan kepada Surya, Jumat (27/4/2018).

Iwan menjelaskan berdasarkan hasil rapat sementara, untuk mengambil bentangan jembatan yang jatuh dibutuhkan waktu dua Minggu.

Rencananya, pengangkatan akan meminta bantuan dari tim penyelam Pertamina, karena dibutuhkan pengelasan di air.

"Kami akan minta bantuan Pertamina, karena punya keahlian mengelas di air. Dua Minggu dari sekarang targetnya dievakuasi, karena kita juga punya target penyidikan," tegas Iwan.

Sementara itu, Pejabat pembuat komitmen Tuban- Babat- Lamongan- Gresik, BBPJN VIII, Tugiman, menambahkan hanyutnya barang bukti yang diperlukan kepolisian itu di luar dugaan.

Karena para pekerja mengerjakan evakuasi sebagaimana mestinya dan semaksimal mungkin, namun ternyata barang bukti yang dibutuhkan justru hanyut.

"Kami akan kordinasi dengan Pertamina untuk meminta bantuan tim penyelam guna mengelas bentangan jembatan yang jatuh," imbuh Tugiman.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved