Berita Surabaya

Kasus P2SEM Mulai Disidik, Sudah Minta Keterangan 15 Anggota DPRD Jatim

Kasus korupsi berjamaah hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) dari Pemprov Jatim yang sempat mandek

Kasus P2SEM Mulai Disidik, Sudah Minta Keterangan 15 Anggota DPRD Jatim
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Petugas menggiring buronan kasus korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jawa Timur tahun anggaran 2008 dr Bagoes Soetjipto sesaat setelah tiba di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Jl Ahmad Yani (29/11). Mantan staf ahli DPRD Provinsi Jawa Timur itu dinyatakan bersalah karena bersekongkol dengan banyak pejabat tinggi Pemprov dan DPRD Jatim untuk menggelapkan dana hibah sebesar Rp 227 milliar. 

SURYA.co.id | Surabaya - Kasus korupsi berjamaah hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) dari Pemprov Jatim yang sempat mandek, akhirnya naik ke tingkat penyidikan.

Itu ditindaklanjuti penyidik Kejati Jatim yang telah meminta keterangan 15 anggota DPRD Jatim 2004-2009 yang dibocorkan dr Bagoes Soetjipto, saksi kunci kasus ini.

Kepala Kejati Jatim, Maruli Hutagalung menjelaskan, status kasus P2SEM ini sudah naik dari penyelidikan ke penyidikan.

“Ada 30 orang yang dimintai keterangan. Nanti akan dipanggil lagi minggu depan terkat proses penyidikan," jelasnya, di sela acara pelepasan dirinya pensiun di Kejati Jatim, Rabu (25/4/2018).

Dijelaskan, dari 30 orang yang sudah dimintai keterangan, 15 orang di antaranya anggota DPRD Jatim periode 2004-2009.

Mereka dimintai keterangan karena penerima memperoleh dana hibah berdasarkan rekomendasi anggota dewan.

"Dari jumlah itu, ada dua orang yang sekarang masih aktif di DPRD Jatim," paparnya.

Adapun nama-nama eks anggota dewan itu, diperoleh penyidik dari keterangan dr Bagoes, terpidana utama kasus P2SEM. dr Bagoes sempat buron sejak jadi tersangka pada 2010 dan baru ditangkap di Malaysia pada akhir 2017 lalu.

Ia disebut-sebut sebagai saksi kunci. "Nama-nama itu yang disebut oleh dr Bagoes," terangnya.

Selain anggota dewan, dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan pejabat atau mantan pejabat Pemprov Jatim yang terkait dengan P2SEM akan diperiksa.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved