Berita Surabaya

Akun Instagram Dindik Surabaya Banjir Komen Siswa tentang UNBK SMP Matematika, Lucu-Lucu

Bukan hanya akun Kemendikbud yang jadi sasaran siswa, kini akun resmi Instagram Dindik Kota Surabaya pun diramaikan komentar tentang UNBK hari kedua.

Akun Instagram Dindik Surabaya Banjir Komen Siswa tentang UNBK SMP Matematika, Lucu-Lucu
surya/sulvi sofiana
Siswa belum bisa login dan memulai ujian karena server pusat terjadi gangguan, Senin (23/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Suara generasi milenial dalam menyampaikan pendapatnya kini semakin unik. Kecepatan dan kemudahan sosial media (sosmed) membuat para siswa menyampaikan keresahannya langsung melalui kolom komentar Instagram, terutama tentang gelaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari kedua, soal matematika.

Bukan hanya akun Kemendikbud yang jadi sasaran siswa, kini akun resmi Instagram Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, @dispendiksby, pun diramaikan dengan komentar tentang UNBK hari kedua.

Yaitu tentang ujian Matematika yang dirasa cukup sulit. Seperti yang disampaikan @noelanda_. "3 soal 1 kertas, delete Matematika dari UN, bu pak," tulisnya.

"Aduhh aduhh pak kepala saya jadi pusing tujuh keliling mikirin MTK udh mikir lama gak ketemu jawabannya juga," tulis @darelltitian.

"Dari kota surabaya ke kota malang adalah 25km dengan skala 1:200. Mobil A melewati kota Q dengan jarak skala 9 cm dan Mobil B melewati kota P dengan jarak skala 7cm. Berapa selisih jarak kedua mobil tersebut ? Saya mau tanya kenapa harus lewat kota P dan Q kan lewat porong lebih cepet bu pak e," tulis @noelananda_.

aAkun resmi Instagram Dinas Pendidikan Kota Surabaya @dispendiksby diramaikan dengan komentar tentang UNBK hari kedua.
aAkun resmi Instagram Dinas Pendidikan Kota Surabaya @dispendiksby diramaikan dengan komentar tentang UNBK hari kedua. (surya/sulvi sofiana)

Komentar membandingkan soal ujian dengan makanan juga disampaikan akun @mputraf09. "Pak bu iki soal mat opo bumbu masak kok ruwet e," tulisnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penddikan Menengah, Sudarminto meyakini siswa SMP di Kota Surabaya sudah mampu mengerjakan soal ujian dengan tingkat nalar tinggi.

Sebab, siswa SMP sudah dilatih dengan tryout dan latihan soal dengan standar Higher Order Thinking (HOT), sehingga siswa SMP di Surabaya tidak akan kesulitan dalm mengerjakam soal ujian HOT seperti yang banyak dikeluhkan tingkat SMA.

"Sejak awal tahun ajaran, guru melalui MGMP sudah kami bekali beragan pelatihan penyusunan soal HOT,"urainya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved