Single Focus

Iga Hermanto Tekuni Bisnis Jastip Kue Artis, Patok Ongkos Murah, Kirim Pesanan usai Kuliah

"Memang yang lagi booming cake artis, tetapi customer juga suka sambal Bu Rudy atau Lapis Kukus Pahlawan," kata Iga Hermanto.

Iga Hermanto Tekuni Bisnis Jastip Kue Artis, Patok Ongkos Murah, Kirim Pesanan usai Kuliah
surya/dely octovie
Iga Hermanto 

IGA HERMANTO sempat bingung memikirkan bisnis yang  ia geluti demi memenuhi mata kuliah sekaligus bisa dikerjakan di samping tugas-tugasnya sebagai mahasiswa D3 Manajemen Pemasaran Universitas Airlangga.

Setelah mencari tahu apa yang tengah digandrungi masyarakat, Iga memilih kue produksi artis. Alasannya, peminatnya tinggi, sementara store kue-kue itu biasanya hanya ada di kota-kota besar saja.
Ia memulai usaha jasa titip sekitar Juli atau September 2017, untuk tugas pemasaran jasa.

"Waktu itu yang ada baru Surabaya Snowcake milik Zaskia Sungkar, Surabaya Patata-nya Ria Ricis, dan Vidi Vini Vici punya Vidi Aldiano," tutur pria yang hobi travelling ini, ketika ditemui di halaman kampusnya, Jumat (20/4/2018).

Berbekal satu fitur Instagram, yaitu InstaStory, Iga mulai promosi jasa titip di akun pribadinya. Ia mengunggah foto-foto produk artis yang ia ambil dari internet, mencantumkan harga asli, lalu menambah ongkos jasa Rp 12.000.

Kini, Iga juga menawarkan jasa titipnya lewat facebook (FB) di grup jual beli khusus kuliner dan Instagram @jastipkueartis_sby.

Biasanya, Iga memulai pengiriman pukul 16.00 WIB sepulang kuliah.

Bila ongkos jasa Rp 12 ribu, ia menambah, ongkos pengiriman Rp 5.000-7.000 untuk daerah Unair, dan Rp 10.000-15.000 untuk daerah lain.

"Kalau ongkos pengiriman kan buat bensin. Ongkos jasa, yang Rp 2.000 biasanya untuk bayar parkir. Jadi, saya dapat bersih Rp 8.000-10.000," terangnya, yang sengaja mematok tarif murah.

Ia mengaku, lebih mementingkan kepercayaan dan kecocokan pelanggan dengan harga yang dipatok.

"Kalau saya mending ramai yang pesan, tetapi untung dikit, daripada mahal nggak ada yang pesan," ujar Iga, yang bisa menangani 10-15 box perminggu.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved