Berita Surabaya

Inilah Gambaran Detail Halte Monorail yang Tengah Dibangun di Galaxy Mal Surabaya

JPO Galaxy Mal yang tengah dikerjakan saat ini akan terintegrasi dengan halte monorail.

Inilah Gambaran Detail Halte Monorail yang Tengah Dibangun di Galaxy Mal Surabaya
surya/nuraini faiq
Maket Halte Monorail yang kini sedang dibangun di Galaxy Mal Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - JPO Galaxy Mal yang tengah dikerjakan saat ini akan terintegrasi dengan halte monorail. Pihak Manajemen PT Sinar Galaxy Roy Anadarko menyebutkan bahwa Pembangunan proyek jalur melintang itu akan tuntas tahun ini. 

"Bersamaan dengan Galaxy Mal 3 kami yang juga dioperasikan tahun depan. Galaxy sisi barat jalan ini selain mal juga hotel," kata Roy, Jumat (20/4/2018).

JPO itu nantinya mampu menampung ratusan orang yang lalu lalang melintas di atas JPO. Jembatan khusus yang akan terintegrasi dengan halte monorail itu didesain dari baja. Bukan beton atau cor. 

Sambil menunjukkkan maket gambar, Roy menjelaskan bahwa JPO itu akan berada di ketinggian 13,5 meter. Persis di bawah JPO atau sepertiga ketinggian JPO akan ada halte  monorail. Penumpang bisa naik dari sini.

Halte ini berbentuk kotak dan terakses dengan tangga JPO. Kemudian akses bawah halte menuju monorail

"Jadi ada tangga khusus ke Halte monorail ini. Khusus tangga JPO adalah eskalator. Sementara di sepanjang lorong JPO ber-AC," imbuh Roy.

Disebutkan bahwa halte itu disiapkan untuk rencana Pembangunan sistem transportasi Mass Rapid Transit (MRT) monorail.  Saat ini tengah disiapkan sarana pendukung berupa halte monorail

Meski belum tahu kapan realisasi proyek monorail ini, Roy meyakini bahwa monorail itu akan terealisasi. Sebab sepengetahuannya sudah masuk rencana Pembangunan sistem transortasi Surabaya. 

JPO yang dibangun khusus terintegrasi dengan halte ini dilengkapi dengan sistem pengamanan yang maksimal. Setiap lorong dan sudut JPO maupun halte akan dibuat kaca transparan. 

"Nanti akan kelihatan aktivitas pengunjung di sepanjang lorong halte karena kanan kiri transparan. Jangan sampai jadi tempat perbuatan kriminal dan asusila," kata Roy. 

Selain tangga berupa eskalator, JPO ini juga akan dilengkapi lift khusus difabel. Mereka yang berkebutuhan khusus jika menyeberang MERR bisa menggunakan lift ini. 

"Nanti akan ada petugas kami yang akan menjaga JPO tersebut. Rencananya akan dioperasikan 24 jam. Semua terbuka untuk umum JPO ini," kata Roy. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved