Dua Penyebab Dirut Pertamina yang Baru 13 Bulan Menjabat Tiba-tiba Dicopot Menteri BUMN

Dua penyebab ini diduga menjadi alasan Dirut Pertamina yang baru 13 bulan menjabat tiba-tiba dicopot Menteri BUMN.

Dua Penyebab Dirut Pertamina yang Baru 13 Bulan Menjabat Tiba-tiba Dicopot Menteri BUMN
TRIBUNNEWS
Elia Massa Manik 

SURYA.CO.ID, JAKARTA -  Elia Massa Manik sebelumnya menjabat sebagai pemimpin perusahaan perkebunan BUMN, PT Perkebunan Nusantara III (persero) sejak 2016 yang juga merupakan holding BUMN perkebunan.

Selama menjabat, Elia Massa Manik dianggap sukses menjalankan restrukturisasi dengan memangkas jumlah direksi PTPN menjadi maksimal hanya tiga orang.

Sebelumnya, satu perusahaan PTPN dapat mempunyai empat sampai lima direktur

Elia Massa Manik kemudian terpilih menjadi Direktur Utama Pertamina sesuai hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang digelar 16 Maret 2017 di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Namun, Menteri BUMN Rini Soemarno mendadak mencopotnya.

Elia Massa Manik diberhentikan sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) di masa jabatannya yang baru 13 bulan sejak Maret 2017 lalu.

Pemberhentian tersebut berlaku mulai hari ini, Jumat (20/5/2018) sesuai dengan Surat Keputusan 39 yang dikeluarkan Menteri Badan Usaha Dan Milik Negara (BUMN).

Selain karena faktor holding migas, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno memaparkan pencopotan juga dikarenakan rangkaian permasalahan yang terjadi pada perusahaan berplat merah itu.

Permasalahan tersebut mulai dari sempat terjadinya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), hingga tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

"Kondisi yang disampaikan itu nomor satu holding migas, nomor dua kemudian kelangkaan BBM, kemudian kilang," ungkap Fajar Harry saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018).

Halaman
12
Editor: Tri Mulyono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved