Berita Surabaya

Dibangun Halte Monorel di Galaxy Mall Surabaya Terintegrasi dengan JPO 

Kota Surabaya mulai merealisasikan rencana Pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) berupa monorail.

Dibangun Halte Monorel di Galaxy  Mall Surabaya Terintegrasi dengan JPO 
surya/ahmad zaimul haq
DIKEBUT - Pekerja mengebut pengerjaan pembangunan JPO di depan Galaxy Mall, Jumat (20/4/2018). JPO itu nantinya akan terintegrasi dengan stasiun monorel. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kota Surabaya mulai merealisasikan rencana Pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) berupa monorail. Sebuah halte khusus moda transportasi ini akan dibangun di jembatan penyeberangan orang (JPO) Galaxy Mal.

 "Sudah. Sudah disiapkan dan tengah dibangun halte MRT. Dibangun bersamaan dengan JPO megah di Galaxy Mal," kata Kepala Dinas Permukiman dan Perumahah Rakyat Cipta Karya dan Tata Ruang Kota, Ery Cahyadi, Jumat (20/4/2018).

Dia menyebut PT Sinar Galaxy selaku pemilik mal di Surabaya Timur itu telah memasukkan rencana Pembangunan halte monorail.

Halte untuk menaikkan dan menurunkan penumpang transportasi massal berbasis rel itu dibuat dua. Yakni di sisi barat dan timur jalan.

"Kebetulan Galaxy mau bangunkan JPO untuk pengunjung mal dan hotel di sisi barat. Akhirnya bersinergi sekalian bangun halte MRT," kata Ery.

Saat ini, Pemkot Surabaya tengah merencanakan sistem transportasi masal yang bisa terkoneksi dengan moda lain. Dua koridor akan dibangun yakni koridor Timur di MERR Jl Soekarno Galaxy Mal. Di koridor barat akan dibangun di Jl HR Muhammad. 

Saat dicek di lokasi depan Gakaxy Mal saat ini memang tengah dibangun proyek JPO megah. Empat tiang pancang beton dipasang di sisi barat. Sementara sisi timur juga dipasang beton yang sama.

Tampak Beton berdiameter besar dengan tinggi sekitar 8 meter sudah terpasang bersama penyangga kerangka besi. Namun kerangka besi ini hanya ada di masing-masing ujung sisi beton. 

Pagar seng juga ditata di sisi timur dan barat tengah jalan MERR itu. Begitu juga sisi tengah jalan juga  terpasang seng. Sejumlah pekerja juga tampak melakukan tugas mereka membangun JPO tinggi itu. 

Saat dikonfirmasi, pihak manajemen PT Sinar Galaxy Roy Anadarko mengakui bahwa pihaknya diminta membangun halte monorail di JPO Galaxy Mal. "Kami harus berkontribusi untuk membuat halte monorail," kata Roy. 

Meski pihaknya saat ini masih menunggu realisasi transportasi masal tersebut. Pembicaraan Pembangunan JPO terintegrasi dengan halte monitor itu sudah dibahas 2011 lalu.

"Kami mau bangun JPO untuk umum dan karyawan kami. Biar tidak di penyeberangan sebidang (zebra cross berlampu merah). JPO ini menghubungkan Galaxy Mal 3 dan 1," ucap Roy. (Faiq) 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved