Pilkada 2018

Putra-Putri Kiai Se-Madura Deklarasi Dukung Gus Ipul, Ini Alasannya

Apabila terpilih, Gus Ipul berkomitmen untuk melibatkan kiai di dalam mengambil keputusan strategis di pemerintahannya kelak.

surya/bobby constantine koloway
Calon Gubernur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memberikan sambutan pada acara "Ngopi Asareng Gus Ipul" yang diselenggarakan oleh Aliansi Lora for Syaifullah Yusuf (Alos) Selasa (17/4/2018). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Gelombang dukungan dari elemen masyarakat untuk pasangan Calon Gubernur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno kembali berdatangan.

Kini giliran organisasi masyarakat yang menamakan dirinya sebagai Aliansi Lora for Syaifullah Yusuf (Alos) mendeklarasikan dukungan untuk Gus Ipul dan Mbak Puti, Selasa (17/4/2018).

Untuk diketahui, dalam tradisi Madura, lora berarti gus atau putra seorang kiai.

Sebagai putra, seorang lora tentu punya kedekatan yang sangat khusus dengan kiai sebagai bapak sekaligus pemegang keputusan tertinggi di lingkungan pondok pesantren (ponpes).

Hal ini pula yang menurut Ketua Alos, Ra Khoiron Zaini, menjadi alasan pihaknya mendeklarasikan dukungan ini, yang mana para kiai telah sepakat memutuskan memilih Gus Ipul sebagai calon yang didukung.

"Kami sebagai kepanjangan tangan para kiai dan ulama sudah sewajarnya mendukung dan mengamankan instruksi mereka. Kami akan turun membantu proses pemenangan nanti," tegas Ra Khoiron pada sambutannya di acara deklarasi.

Ra Khoiron juga pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, Karang Durin, Sampang. Dia adalah Ketua Majelis Sholawat At-Taufiq yang juga putra dari alm KH Ahmad Zaini Sholeh.

Selain Ra Khoiron, hadir pula sejumlah lora lain se-Madura. Bahkan, ada pula beberapa Gus (istilah putra kiai dalam Bahasa Jawa) dari sejumlah ponpes lain di Jawa Timur.

Di antaranya, perwakilan dari Ponpes Sidogiri Pasuruan dan Ponpes Lirboyo Kediri. Mereka menegaskan kemenangan di pilkada mendatang merupakan nilai harga mati.

"Kalau sudah perintah kiai, kekalahan kiai adalah kekalahan kami. Maka jangan sampai kiai kita kalah. Caranya, kita harus perjuangkan sama-sama," tegas pria yang akrab disapa Gus Igo Zain ini membakar semangat seluruh peserta.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved