Berita Gresik

Massa Forum Masyarakat Gresik Peduli Cagar Budaya Gelar Orasi di PN Gresik, Tuntut Ini

Setelah orasi, massa juga menggelar doa bersama di Musala PN Gresik. Doa yang dipanjatkan yaitu hakim memberikan hukuman bebas tiga aktivis.

Massa Forum Masyarakat Gresik Peduli Cagar Budaya Gelar Orasi di PN Gresik, Tuntut Ini
surya/sugiyono
Massa Forum masyarakat Gresik peduli cagar budaya Gresik menggelar orasi perjuangan di halaman Kantor PN Gresik, Rabu (18/4/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Massa Forum Masyarakat Gresik Peduli Cagar Budaya (FMGPCB) menggelar orasi perjuangan di halaman Kantor Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Mereka menyatakan ikrar untuk memperjuangkan membebaskan tiga aktivis Alun-alun Gresik.

Massa yang kebanyakan ibu-ibu bergerombol di halaman Kantor PN Gresik. Kemudian, Yasin Ketua Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-Alun Gresik memimpin orasi ilmiah.

"Kita datang ke Pengadilan Ngeri Gresik ini untuk memberi dukungan kepada tiga saudara kita yang dijerat hukum oleh oknum penguasa. Oleh karena itu, kita harus berjuang demi keadilan," kata Yasin, Rabu (18/4/2018).

Setelah orasi, massa juga menggelar doa bersama di Musala PN Gresik. Doa yang dipanjatkan yaitu hakim memberikan hukuman bebas tiga aktivis.

"Kita doakan, semoga mata hati hakim terbuka dan membebaskan tiga teman kita yang terjerat hukum," imbuhnya.

Tiga aktivis tersebut yaitu Fajar Rosyidi (23) dari PKL, Rizqi Siswanto (22), mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik aktivis PMII dan Abdul Wahab aktivis LSM.

Para pengacara aktivis penolak revitalisasi Alun-Aalun Gresik juga meminta membebaskan atas tuntutan jaksa penuntut umum.

Kemudian para kuasa hukum tiga aktivis melakukan duplik. Duplik adalah tanggapan penasihat hukum atas replik yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum pada sidang sebelumnya.

"Dalam sidang dengan agenda duplik nanti kami meminta majelis hakim membebaskan ketiga terdakwa yang berjuang demi kawasan cagar budaya dan kesejahteraan masyarakat," kata Nasihan, ketua kuasa hukum tiga aktivis Alun-alun Gresik.

Diketahui, proyek revitalisasi Alun-Alun Gresik mulai 2017 untuk kawasan Islamic Center. Namun, saat ini proyek berhenti sampai menunggu lelang 2018.

Anggaran yang sudah terserap pada 2010 sebanyak Rp 10 Miliar kemudian 2018 dianggarkan kembali Rp 10 Miliar.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved