Berita Surabaya

Persatuan Sekolah Menengah Kesehatan Bahas Pentingnya Sertifikasi

Persemki Jatim menggelar rapat kerja kepala sekolah untuk membahas evaluasi ujian sertifikasi profesi yang digelas LSP Asnakes.

Persatuan Sekolah Menengah Kesehatan Bahas Pentingnya Sertifikasi
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Ketua LSP Asnakes,Mohammad Fatchul Djinan dalam rapat kerja kepala sekolah Persatuan Sekolah Menengah Kesehatan Indonesia (Persemki) Jatim di Surabaya, Kamis (12/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Persatuan Sekolah Menengah Kesehatan Indonesia (Persemki) Jatim menggelar rapat kerja kepala sekolah di Surabaya, Kamis (12/4/2018).

Kegiatan yang diikuti perwakilan 50 sekolah ini membahas evaluasi dari pelaksanaan ujian sertifikasi profesi yang digelas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Asnakes.

Ketua LSP Asnakes, Mohammad Fatchul Djinan mengungkapkan, pemberian sertifikasi pada siswa SMK akan memperbesar peluang siswa diterima di dunia kerja. Apalagi tenaga kesehatan memiliki peluang besar untuk berkarir di luar negeri.

"Tahun ini kami sudah mengadakan sertifikasi untuk 3.000 peserta. Dan hasil rata-ratanya kompeten,"jelas pria yang juga Kepala Sekolah SMK Plus NU Sidoarjo.

Selain itu, jika siswa memang tudak lulus di tahun pertama, maka mereka bisa mengulang untuk memperbaiki kompetensinya.

"Makanya kami evaluasi agar asesor bisa memberikan materi penunjang sesuai kompetensi standar nasional yang ada,"urainya.

Rice Hermawan, wakil kepala SMK Darussalam Blokagung Banyuwangi mengungkapkan, sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang dikeluarkan LSP sangat dibutuhkan lulusan SMK.

"Perusahaan saat ini mintanya lulus SMK sudah punya skill keahlian. Makanya harus mengikuti LSP,"urainya.

Untuk lima jurusan disekolahnya, Rice mengungkapkan setiap jurusan memiliki LSP sendiri sesuai dengan skema keahliannya.

"Kalau sertifikat BNSP ini bisa dipakai di luar negeri. Ada dari SMK di Tulungagung yang mendapat kesempatan bekerja di rumah sakit di Hongkong,"pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved